POLITIK

Ponpes Lirboyo Kediri Keluarkan Maklumat Dukungan Untuk Capres 01

Kediri, demonstran.com – Dukungan untuk pasangan capres-cawapres 01, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin terus mengalir dari berbagai kalangan. Terbaru para pengasuh pondok pesantren di berbagai daerah menginstruksikan santri dan alumninya untuk mendukung perjuangan pasangan itu dalam memenangkan Pilpres 2019.

Kebijakan tersebut juga diambil keluarga besar pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri Jawa Timur. Melalui maklumat, jajaran pimpinan dan pengasuh Ponpes Lirboyo menghimbau santri dan alumninya untuk memilih Jokowi dan Ma’ruf Amin di Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang.

Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Alumni Pesantren Lirboyo Kediri KH Abdullah Kafabihi Mahrus mengatakan, maklumat tersebut merupakan hasil ikhtiar dari keluarga besar Lirboyo yang diperuntukkan bagi para santri maupun alumni yang memiliki hak pilih agar ada keseragaman dalam memilih.

“Jadi artinya kami peduli dengan keberadaan negara supaya negara Indonesia ini yang sudah aman nyaman berlandaskan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 45. Jadi jangan sampai ada yang merusaknya. Sedangkan terkait dengan maklumat ini adalah hak kami untuk mengarahkan kepada santri supaya tidak carut- marut. Dikhawatirkan, kalau tidak ada instruksi dari kami maka akan terjadi gesekan antar santri,” katanya demonstran.com, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya, ada sejumlah pertimbangan yang melatar belakangi Ponpes Lirboyo dalam memberikan dukungan kepada paslon 01, diantaranya karena calon wakil presidennya adalah mantan Rois Am Nahdatul Ulama KH Ma’ruf Amin. Kiai Ma’ruf merupakan kader terbaik Nahdlatul Ulama (NU). Selain itu pria lulusan Pondok Pesantren Tebu Ireng ini memulai kariernya di dunia dakwah dari bawah. Tak hanya itu, Ma’ruf Amin juga menjalani yang sama di politik. Keilmuan agama dan wawasan kebangsaannya mengantarkannya menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan Ketua Majelis Ulama Indonesia sehingga menurutnya, sudah menjadi keharusan bagi warga NU untuk mendukung mantan Rais Aam PBNU tersebut.

Disamping itu, Joko Widodo dinilainya sudah teruji dalam menjalankan roda pemerintahan termasuk dalam hal pembangunan infrastruktur. “Dari dua faktor itulah yang melatarbelakangi Ponpes Lirboyo Kediri menjatuhkan pilihan,” ucapnya.(glh)