berita DAERAH

Pladu, Warga Padati Bantaran Sungai Brantas

Kediri, demonstran.com – Warga Kediri memadati bantaran Sungai Brantas, Senin (11/3/2019). Mereka bermaksud menangkap ikan dengan berbagai peralatan, seperti jaring, jala, maupun terjun langsung dan menangkap ikan dengan tangan.

Antusias warga untuk mencari ikan itu memanfaatkan pladu atau penggelontoran air dari Bendungan Wlingi Raya dan Bendungan Lodoyo di Kabupaten Blitar. Kedua bendungan itu terletak di sebelah barat Bendungan Ir Sutami atau Bendungan Karangkates wilayah Kabupaten Malang.

Pembukaan pintu bendungan itu membuat debit air sungai meningkat. Akibat penggelontoran itu, air sungai menjadi keruh karena bercampur lumpur sehingga ikan menjadi mabuk dan mengambang ke permukaan.

Yanto (45) warga asal Kelurahan Pakunden, Kota Kediri bersama rekannya sabar menunggu datangnya ikan-ikan tersebut. “Sudah dari jam 10.00 WIB, saya menunggu disini. Namun ikannya belum nongol juga,” katanya sambil membawa sebuah jaring ikan.

Menurut Yanto, ini adalah kali pertamanya mencari ikan mabuk. “Iseng-iseng saja sambil mencari kesenangan. Dengar cerita dari tetangga-tetangga kok kayaknya asyik,” pungkasnya.(glh/yy)