PENDIDIKAN

SD Negeri Gempolan 1 Terendam Banjir

Kediri,demonstran.com – Curah hujan tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir menyebabkan Sekolah Dasar Negeri Gempolan 1, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri terendam banjir. Ini lantaran sekolah berada di lokasi yang rendah sehingga rentan terdampak luapan air sungai.

Pantauan demonstran.com, air yang menggenangi sekolah tingginya antara 30 – 50 cm. Ini membuat kegiatan belajar (KBM) tidak bisa dilaksanakan.

Randy Agatha, Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri mengatakan, penyebab dari terjadinya banjir ini dikarenakan curah hujan yang tinggi. “Kemarin di wilayah ini dilanda hujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi sehingga air dari persawahan meluap masuk ke drainase di sisi utara dan menggenangi lokasi sekolah hingga ruang kelas,” ujarnya.

Lebih lanjut Randy Agatha menambahkan, atas terjadinya bencana tersebut pihaknya mengambil langkah cepat yaitu dengan mengurangi debit air yang ada disl sekitar lokasi terdampak. “Air di lingkup SDN disedot dan dibuang ke sungai di depan sekolahan. Setelah air disedot akan di buat tanggul penahan di sisi utara dan belakang sekolahan,” pungkasnya.(glh/yy)