POLITIK

Nama 2 WNA Dicoret dari DPT Pemilu 2019

Kediri,demonstran.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menemukan warga negara asing (WNA) yang tercatat dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) Pemilu 2019. Dua orang WNA tersebut terdeteksi dari Belanda dan Singapura.

“Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menerima laporan dari kelompok kerja Pemutakhiran Data Pemilih (Pokja Mutarlih), kita langsung menindaklanjuti laporan tersebut dan langsung melakukan verifikasi kepada pihak terkait,” kata Eka Wisnu Wardhana, selaku Komisioner Divisi Data dan Informasi kepada demonstran.com, Selasa (5/3/2019).

Dijelaskan oleh Wisnu Wardhana, pihaknya telah mencoret dua nama WNA tersebut dari DPT. Pasalnya, syarat pemilih adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

“Setelah kita cek, ternyata di KTP- nya tertulis WNA. Jadi kita langsung lakukan pencoretan dari data DPT dan memastikan mereka tidak mendapatkan C-6 (Surat Pemberitahuan Hadir TPS) pada saat Pemilu nanti dilakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wisnu Wardhana mengatakan, kedua WNA itu adalah perempuan berinisial NBD asal Singapura yang kini menetap di Desa Sumberejo, Kandat. Sedangkan satu WNA lainnya adalah laki – laki berinisial MBV asal Belanda yang kini menetap di Desa Kemiri, Kandangan.

“Setelah kami gali keterangan dari mereka ternyata mereka ini masing-masing telah berkeluarga atau menikah dengan seorang warga negara Indonesia (WNI). Jadi yang dari belanda bertempat tinggal di Kandangan sudah 5 tahun berdomisili disana dan ia bekerja sebagai petani. Sedangkan yang berada di Kandat baru di menetap selama 6 bulan yang lalu disini ia mengajar di Pondok Gontor bersama suaminya,” terangnya.(glh/yy)