WISATA

Sanggar Tari Kampoeng Tebu, Padukan Seni dan Nuansa Alam

Kediri,demonstran.com – Sanggar tari Kampoeng Tebu di Desa Jengkol Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, Minggu (3/3/2019) diresmikan. Sanggar tari ini mengusung konsep berbeda, yakni menyatukan gerakan tari dengan nuansa alam. Tidak heran bila anak – anak yang tergabung dalam sanggar ini lebih sering berlatih di ruang ruangan.

“Tujuan didirikannya sanggar tari Kampoeng Tebu ini untuk menampung minat dan bakat anak – anak yang ada di Desa Jengkol dan sekitarnya, baik di Kecamatan Plosoklaten maupun kecamatan lain, bisa berlatih di sini,” ucap Yoyok, pengelola sanggar saat diwawancarai demonstran.com.

Sanggar tari yang baru dibuka ini sudah beranggotakan sebanyak kurang lebih 50 orang. Sedangkan untuk biaya berlatihnya gratis tanpa dipungut biaya apapun. Mereka terlihat bersemangat berlatih karena lebih sehat dan segar di luar ruangan.

“Peserta yang ikut dalam sanggar ini tidak dipungut biaya sama sekali, dan rencananya selain melatih anak-anak dari usia TK hingga SMA kita juga akan membuka kelas buat orang tua atau dewasa yang punya hobi menari namun tidak tersalurkan,” tambahnya.

Menurut Yoyok, dengan keberadaan sanggar yang berlatih setiap Minggu pukul 13.00 WIB ini, maka wahana wisata Kampoeng Tebu diharapkan dapat pula menjadi wahana budaya.

Terpisah, Dewi, pelatih sanggar tari Kampoeng Tebu mengatakan, dia dapat menyalurkan ilmunya kepada anak – anak yang berlatih di sanggar.

“Dengan ditunjuknya saya sebagai pembina serta pelatih di sanggar ini, saya lebih bisa menyalurkan ilmu saya kepada anak – anak di daerah sini khususnya dan seluruh anak – anak yang lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Fandi salah satu murid di sanggar ini mengaku sangat senang bisa bergabung.

“Saya sangat senang bisa bergabung di sanggar ini. Selain bisa menyalurkan bakat saya dan tidak ditarik biaya alias gratis,” ucap bocah laki-laki yang saat ini masih duduk di kelas 3 SD ini.
“Saya akan berlatih lebih serius dan giat biar bisa jadi penari profesional,”lanjutnya.(yy/glh)