berita DAERAH

Puting Beliung Terjang Ngancar, Ini Dampaknya

Kediri, demonstran.com – Bencana puting beliung kembali terjadi di Kabupaten Kediri. Kali ini angin kencang menerjang dua di desa di Kecamatan Ngancar pada Senin (25/2/2019). Kedua desa itu yakni Desa Manggis dan Margourip.
Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Randy Agatha mengatakan, kerusakan terbanyak akibat bencana terjadi di Desa Manggis.
“Di Desa Margourip hanya 1 rumah yang terdampak, itupun alhamdulillah hanya rusak ringan, sementara di Desa Manggis menimpa 8 rumah warga, kondisinya 1 rusak berat dan 7 rusak ringan,” ujar Randy.
Randy juga menjelaskan, sebuah rumah yang terdampak puting beliung tidak bisa ditempati sehingga pemiliknya sekeluarga diungsikan untuk sementara waktu.
“Kondisi rumahnya itu atapnya tertimpa pohon durian  yang cukup besar, karena sudah dirasa tidak bisa ditempati akhirnya harus mengungsi di rumah warga lainnya,” ujarnya.
Sementara itu kondisi rumah warga lainya yang terdampak di Desa Manggis masih bisa ditempati. Rata-rata kerusakan yang terjadi adalah atap rumah berupa esbes tersingkap akibat terpaan angin kencang.
“Rata-rata kasusnya esbes menyingkap karena terpaan angin, namun selain esbes, ada 1 rumah yakni milik Ibu Soniyem yang terasnya tertimpa pohon Alpukat,” ucapnya.
Selain rumah rusak, hujan yang disertai angin kencang juga merobohkan puluhan pohon.
“Alhamdulillahnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah,” lanjutnya.
Lebih lanjut Randy menambahkan, atas kejadian tersebut, pihak pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang  terdampak.
“Untuk proses evakuasi sudah selesai, hari ini rencananya kita akan kesana untuk memberikan bantuan berupa sembako,” tutupnya.(glh/yy)