WISATA

Festival Dhahar Duren, 2019 Buah Durian Ludes Diserbu Pengunjung

Kediri, demonstran.com – Festival Dhahar Duren kembali digelar di Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, Minggu (24/2/2019). Kegiatan ini digelar ketiga kalinya sejak 2017 lalu.

Kali ini ada 5 tumpeng durian yang disediakan oleh panitia. Total ada 2.019 buah durian yang disusun menjadi tumpeng dan dibagikan secara gratis pada pengunjung. Mereka hanya perlu menukarkan kupon yang sudah dibagikan mulai pukul 08.00 WIB.

Sujarwo, Kepala Desa Medowo, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya memperkenalkan potensi desa sekaligus destinasi wisata yang ada. Seperti air terjun Tretes, Bukit Gandrung dan yang saat ini dikembangkan juga Taman Anggrek dan Sumber Jodo.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari warga Kabupaten Kediri dan sekitarnya. Terbukti, banyak warga yang datang melebihi jumlah kupon yang disediakan oleh panitia. Akibatnya mereka kehabisan durian yang dibagikan secara gratis sehingga harus membeli dengan harga Rp 50.000 untuk tiga buah durian.

Suwarno, warga Desa Satrian Kecamatan Kayen Kidul yang baru pertama kali ini ke Medowo mengungkapkan tidak mudah untuk mendapatkan kupon gratis. “Harapan saya, untuk kedepannya bisa tambah ditingkatkan jumlah kupon yang dibagikan, serta duriannya ukuran disamaratakan,” ungkap Suwarno.

Sementara itu, festival Dhahar Duren ini juga dirangkai dengan pameran UMKM dan gerakan minum susu 1.000 gelas gratis.

Wakil Bupati Kediri, H Masykuri yang hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi jalannya acara. Kegiata seperti ini, kata Wabup, dapat mengangkat perekonomian dan potensi desa.(dk/rs)