berita DAERAH

TPA Kota Overload, Rencana Gandeng Pemkab Bangun TPA Regional

Kediri,demonstran.com – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kota Kediri telah mencapai kapasitas maksimum atau overload. Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan Kota Kediri berencana membangun TPA baru.

“TPA itu (TPA II) telah penuh atau melebihi kapasitas. TPA yang dibangun (aktif digunakan) 2016, kini perlu adanya ruang baru,” kata Ridwan Salimin, SKM. MM, Kasi Pemanfaatan Sampah dan Penanganan Limbah B3 DLHKP Kota Kediri, kepada demonstran.com saat ditemui di TPA Kelurahan Pojok, dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kamis (21/2/2019).

Dia mengungkapkan setiap harinya tak kurang dari 120 ton sampah dihasilkan dari berbagai tempat di Kota Kediri. Sampah-sampah tersebut dikirim ke TPA II yang terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Sedangkan TPA yang pertama sudah tidak dapat difungsikan lagi sebab sudah terlalu penuh.

Menurut Ridwan, untuk mengatasi permasalahan itu pihaknya akan menggandeng Pemerintah Kabupaten Kediri dalam pengelolaan sampah bersama. Caranya dengan membangun TPA regional.

“Kenapa harus TPA regional, karena ketika volume sampah yang ditangani dalam jumlah yang cukup besar dikelola bersama, tentunya ini akan lebih efisien. Mengingat, dua lokasi TPA lokal yang dimiliki Kota maupun Kabupaten Kediri sudah menunjukkan kapasitas maksimum,” ujarnya.

Masih kata Ridwan, TPA regional ini juga sudah dilakukan di berbagai daerah. Seperti di Jakarta yang harus ditopang oleh Bantargebang, Bekasi. Dan di Bali. Disana TPA tersebut menopang 4 daerah kabupaten / kota sekaligus yakni Denpasar, Badung, Gianyar hingga Tabanan.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan, wacana TPA regional tersebut masih menunggu rancangan RTRW (rencana tata ruang dan wilayah) antara kota dan kabupaten sinkron terlebih dahulu.

“Kemarin sudah ada RTRWnya namun masih dalam tahapan Raperda dan rencana ini nanti akan difasilitasi oleh provinsi,” ungkapnya.

Selama menunggu persetujuan tersebut, pihak Pemkot Kediri intensif membangun komunikasi dengan pihak Pemkab Kediri. Termasuk melakukan pendekatan dengan Pemerintah Provinsi Jatim terkait rencana TPA regional tersebut.

Dari informasi yang telah muncul, Kabupaten Kediri kemarin menyebut lokasi yang cocok untuk dijadikan lokasi TPA regional adalah di Kecamatan Mojo. Namun untuk kepastiannya Ridwan masih menunggu informasi lebih lanjut. “Jadi ini masih dalam penjajakan antara kota dan kab yang difasilatasi oleh pemerintah provinsi,” pungkasnya.(glh/yy)