WISATA

Dhahar Durian Kembali Digelar, 2019 Buah Siap Dibagi Gratis

Kediri, demonstran.com – Agenda wisata “Dhahar Durian” kembali digelar di Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, Minggu (24/2/2019). Tahun ini, 2019 buah durian akan dibagikan secara gratis bagi warga dan penggemar buah durian yang datang ke lokasi saat acara berlangsung.Durian-durian itu nantinya akan ditata dalam bentuk gunungan yang berderet.

Untuk bisa menikmati durian itu, pengunjung harus hadir lebih awal karena acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pengunjung juga harus mempunyai kupon untuk ditukarkan dengan durian. Kupon itu bisa didapatkan di pintu masuk desa tersebut.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati susu sapi segar secara gratis. Pihak desa menyiapkan setidaknya 1.000 gelas susu sapi gratis.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif warga Desa Medowo yang sedang gencar mempromosikan wisata kuliner. “Festival Dhahar Durian ini merupakan inisiatif warga setempat untuk memperkenalkan potensi di daerahnya. Desa Medowo itu merupakan sentra buah durian. Selain itu disana juga merupakan lokasi penghasil susu terbesar di salah satu Kabupaten Kediri dengan per harinya mampu menghasilkan sekitar 12 ribu liter,” ujar Adi Suwignyo, kepada demonstran.com, Jumat (22/2/2019).

Tak hanya potensi buah durian dan susu segar saja yang menjadi daya tarik di daerah Medowo. Menurut Adi Suwignyo, potensi alam disana juga bagus untuk dijadikan lokasi wisata. “Masyarakat desa dan para pemangku kebijakan belakangan ini juga telah mengembangkan wisata alam seperti Bukit Gandrung Tanggulasi sebagai tempat rekreasi dan air terjun Sumberjodo,” ungkapnya.

Adi Suwignyo mengajak masyarakat Kediri agar berbondong-bondong datang di Desa Medowo untuk memeriahkan kegiatan tersebut. “Mari bagi keluarga, hingga kalangan remaja datangi festival ini. Karena semuanya gratis alias tanpa dipungut biaya,” pungkasnya.(glh/yy)