berita Pemerintahan

Sejahterakan Warganya, Ini Terobosan Kades Turus di Bidang Pertanian

Kediri,demonstran.com – Kepala Desa Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Budi Santoso (48) membuat terobosan baru guna meningkatkan perekonomian di desanya. Bapak dua putri ini melakukan terobosan bercocok tanam yang bisa dilakukan di lahan sempit maupun kawasan pemukiman yang padat dengan teknik hidroponik.

Hidroponik merupakan cara budidaya tanaman dengan penanaman di dalam air (sistem tanam. Menggunakan media air). Selain itu hasil dari penanaman dengan sistem hidroponik sangatnya bagus, segar, dan jauh dari bahan kimia.

“Saat ini saya hanya menanam khusus sayuran dan buah. Seperti halnya sawi, seledri, selada, terong, dan cabai serta beberapa lagi tanaman,” ucap Budi Santoso, Rabu (20/2/2019) saat ditemui di ruang kerjanya.

“Saya sudah melakukan percobaan dan hasilnya sangat memuaskan. Dan warga juga sudah mulai mencoba melakukan penanaman dengan sistem hidroponik. Hanya saja saat panen kita masih bingung untuk menjualnya, sehingga saat panen sayuran kita berikan ke warga,” lanjutnya.

Hidroponik ini membutuhkan nutrisi. Dan untuk mendapatkan nutrisi ia membuat pupuk sendiri yang melibatkan para pemuda karang taruna. Sedangkan umur tanaman hidroponik ini satu bulan.

“Ada proses benih ditanam di rockwull. Kemudian benih itu muncul baru ditaruh di lubang paralon. Airnya dan nutrisi harus stabil supaya hasil panennya memuaskan,” ungkap Budi Santoso

Untuk mengantisipasi hama yang menyerang di tanaman itu ia menggunakan pengobatan organik. Organik bukan untuk membunuh tapi untuk mengusir. Jadi untuk melakukan penanaman pola hidroponik mengurangi resiko kerugian tinggi.

Selain membuat terobosan tanaman organik bagi warganya, Kades Turus ini juga menggerakkan para pemuda desa yang tidak bekerja untuk diajari membuat pot tanaman yang berasal dari pasir dan semen. Pot dibuat mulai dari ukuran kecil sampai besar. Bahkan pot buatan Kades Turus beserta pemuda desa Turus sudah banyak yang memesannya, seperti halnya kantor desa yang ada di wilayah Kecamatan Gurah. (yy/glh)