HEADLINE

Rumah Roboh Diterjang Puting Beliung, Ibu Dan Anak Tertimpa Reruntuhan Bangunan.

Kediri,demonstran.com – Desa Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri dilanda bencana angin puting beliung. Selaib menumbangkan pepohonan, angin kencang juga merobohkan satu rumah warga.

Rumah yang mengalami kerusakan parah tersebut milik Mohammad Qoyum (32) warga Dusun Sumber Gambi Kidul, Desa Sonorejo. Angin berputar menyapu rumahnya hingga ambruk. “Kejadiannya pukul 19.30 WIB, Minggu (17/2/2019). Kejadian tersebut membuat bangunan rumah saya hancur,” kata Qoyum saat ditemui Tabloid Demonstran di rumahnya, Senin (18/2/2019).

Mohammad Qoyum, mengaku peristiwa nahas ini terjadi saat istri dan dua anaknya tidur di kamar. Sedang dirinya menghadiri undangan tahlil di rumah kepala dusun (kasun). “Alhamdulillah, meski rumah saya hancur, tetapi anak istri saya selamat meski sempat tertimpa bangunan hingga terluka di punggung dan kepalanya,” kata Qoyum.

Untuk saat ini, lanjut Qoyum, ia bersama istri dan kedua anaknya terpaksa mengungsi di rumah tetangga untuk sementara waktu. “Istri saya Irwin Nailul Janah bersama dua anak saya, Alya Salsabila dan Moh Evan Baihaqi masih shock dan hanya bisa tidur di kamar saja. Meski begitu saya bersyukur, bahwa istri dan kedua anak saya tercinta masih diberi keselamatan,” pungkasnya.

Sementara itu Plt Kades Sonorejo Agus Sujarwo menjelaskan Pemerintah Desa Sonorejo memastikan dua dusun terdampak bencana puting beliung tersebut yaitu Dusun Sumber Asri dan Sumber Gambi Kidul.

“Berdasarkan data sementara satu rumah warga rusak berat dan lima lainnya mengalami kerusakan ringan di bagian atap dan kanopi dengan taksir kerugian materi sekitar Rp 70 juta,” jelasnya.

Terpisah, Rendy Agatha, Kepala BPBD Kabupaten Kediri mengaku dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. “Namun sejauh ini pihak BPBD bersama petugas kepolisian hingga TNI membantu warga dalam membersihkan pohon-pohon yang ambruk yang berada ditengah jalan agar akses jalan yang dilewati oleh masyarakat dapat berjalan lancar,” terangnya.(glh/yy)