berita KRIMINAL

Coba Bobol ATM, Pemuda Ini Diringkus Polisi

Kediri,demonstran.com – Wildan Afrilino Islachi (23) warga Dusun Gondang, Desa Purworejo, Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri diringkus petugas Polsek Pare lantaran berusaha membobol ATM BNI di depan mini market Calista Jalan Dr Sutomo Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, (14/2/2019).

Kapolsek Pare, AKP Mustakim, SH mengungkapkan peristiwa itu terjadi pada pukul 03.40 WIB. Pelaku mengelabuhi warga saat beraksi. “Pelaku sengaja menaruh tulisan “rusak” yang ditempelkan di depan pintu keluar ATM untuk mengelabui petugas maupun orang lain,” kata Mustakim kepada Tabloid Demonstran.

Tak hanya itu. Pelaku juga memakai baju mirip petugas maintenance ATM lengkap beserta kartu identitas yang dibuatnya sendiri lalu dikalungkan di lehernya. Selain itu, pelaku juga sempat merusak kamera CCTV yang terpasang di dalam ATM dengan tujuan agar identitasnya tidak terdeteksi.

Meski begitu, polisi tetap mencium aksi kejahatan pelaku. Petugas mengetahuinya dari percikan api yang berasal dari dalam bilik ATM. Dari temuan itu, petugas menaruh curiga dengan akhirnya mendatangi ATM tersebut yang pada akhirnya berhasil memergoki aksi yang dilakukan oleh pelaku. “Pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan sebuah mesin gerinda untuk merusak mesin ATM kemudian mengambil uangnya,” ungkap Kapolsek.

Sementara itu selain mengamankan pelaku, petugas kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti yang dikenakan pelaku untuk melancarkan aksinya. Barang bukti itu diantaranya, mesin gerinda, cat atau pilox, palu, alat pencukit, gunting, hingga beberapa alat tukang lainnya.

“Pelaku sudah kita amankan. Selanjutnya pelaku ini kita lakukan introgasi lebih lanjut apakah aksinya itu dilakukan oleh seorang diri atau ada pelaku lain. Bila terbukti ada, kita langsung lakukan pengejaran segera,” pungkas Kapolsek.

Diketahui saat ditanya oleh Tabloid Demonstran. Pelaku melakukan tindakan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ia pun bisa melakukan aksinya tersebut lewat tutorial di internet.(glh/yy)