berita DAERAH KRIMINAL

Pinjam Korek, Membegal, Masul Bui

Kediri,demonstran.com – Setelah menjadi buron selama satu bulan, akhirnya dua pelaku begal asal Kecamatan Semen Kabupaten Kediri diringkus polisi. Kedua pelaku yakni GT alias Kepet (30) asal RT 01/RW 03 Dusun Mojoduwur Desa Puhsarang Kecamatan Semen dan PNM alias Gotro (32) asal RT 03/RW 04 Dusun Kletak Desa Kanyoran.

Kedua pelaku pada 25 September 2018 lalu membegal Ale Winski ER (16) asal Jalan Pandan Arang RT 01/RW 06 Dusun Jabang. Dalam aksinya di jalan raya Sidomulyo sekitar pukul 01.30 WIB itu, kedua pelaku merampas kendaraan dan ponsel korban.

AKBP Anthon Haryadi, Kapolresta Kediri mengatakan, para pelaku berhasil ditangkap setelah melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Para pelaku sempat buron selama satu bulan. “Petugas sempat terkendala informasi, karena tidak ada saksi mata pada saat kejadian,” jelasnya saat konferensi pers di Mapolresta Kediri, Senin (5/11).

Modus yang dilakukan, lanjut Anthon, setelah mengikuti korban, para pelaku yang berboncengan memberhentikan korban dengan alasan meminjam korek api. Namun saat korban menolak, tiba – tiba GT memukul korban kemudian merampas kendaraan dan membawa kabur.

“Motif pelaku hanya ingin memiliki sepeda motor korbannya. Pelaku juga mengambil ponsel milik korban, dan menjualnya. Untuk menghilangkan jejak, sepeda motor diganti plat nomor dan mengubah warna menjadi hitam dengan stiker,” ungkap Anthon.

Kedua pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP dengan tuduhan melakukan pencurian dengan pemberatan. Dengan ancaman hukuman kurungan penjara selama 9 tahun dan maksimal 12 tahun.(glh/yy/vr)