berita WISATA

Sekartaji Carika Jadi Objek Penelitian Mahasiswa UGM

Kediri, demonstran.com – Sanggar Tari Sekartaji Carika di Dusun Kedungdowo Desa Cengkok Kecamatan Tarokan menjadi objek penelitian mahasiswa  Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan Sabtu (3/11), mengambil tema seni rupa dari karakter kuda kepang.  
“Penelitian ini kami fokuskan pada seni rupa dengan karakter kuda kepang, ” ucap Ainul Yaqin, mahasiswa dari UGM.
Ainul menyebut penelitian dilakukan di Sanggar Sekartaji Carika karena lengkapnya aspek seni yang diajarkan di sanggar tersebut.
Sementara itu, Dewi Handayani, pimpinan sanggar sekaligus pelatih tari merasa senang serta bangga sanggarnya dijadikan bahan penelitian oleh mahasiswa UGM.
“Saya sangat senang sekaligus bangga,  sanggar kami dijadikan objek penelitian karena sanggar kami yang terhitung masih baru ini sudah didatangi mahasiswa UGM,” ucapnya.
“Ini akan membuat  anak-anak lebih termotivasi lagi dan tambah semangat untuk memajukan sanggar Sekartaji Carika ini dan biar semakin terpacu untuk bersaing dalam hal meraih prestasi di bidang seni,” lanjutnya.
Dewi mendirikan sanggar seni Sekartaji Carika pada 2017 dengan tujuan supaya bisa memajukan seni khususnya kesenian asli yang ada di Kabupaten Kediri serta menampung bakat -bakat anak – anak yang menyukai seni,  agar kesenian tradisional tidak punah.
“Saya mendirikan sanggar ini bersama pengurus lainnya dengan tujuan untuk melestarikan kesenian tradisional khususnya di kabupaten kediri, supaya tidak punah dan generasi muda lebih mencintai kesenian,” ucapnya.
Sanggar seni Sekartaji Carika ini berlatih tiap hari Sabtu dan Minggu.(yy/vr)