berita POLITIK

Duh, Hanya 7 Persen Peserta Dinyatakan Lulus Tes CPNS

Kediti, demonstran.com – Tingkat kelulusan seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di Kabupaten Kediri sangat rendah. Dari keseluruhan pendaftar hanya 7 persen pendaftar saja yang dinyatakan lulus dalam tahapan tersebut. Berarti dari kurang lebih 3.800 peserta, hanya 266 orang yang mampu melewati nilai passing grade (nilai ambang batas) yang ditetapkan. 
Rendahnya tingkat kelulusan seleksi kompetensi dasar dalam tes CPNS 2018 ini dijelaskan oleh Pelaksana Tugas (Plt)  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri, Sukadi.
“Berdasarkan hasil evaluasi dari total peserta 3.800 orang hanya 7 persen saja orang yang mampu melampaui nilai passing grade, artinya hanya sekitar 266 orang saja yang lolos padahal total kebutuhan di perekrutan di Kabupaten Kediri sebesar 490 formasi,” kata Sukadi.
Dalam tes CPNS tahun ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mematok nilai passing grade sebesar 298 dari 100 butir soal yang terbagi dalam 3 macam diantaranya, nilai karakteristik pribadi sebesar 130 point dari soal 35, intelegensi umum 80 point dari 30 soal, dan wawasan kebangsaan 75 point dari 35 soal. Nilai tersebut secara otomotis muncul dilayar komputer ketika waktu pengerjaan 90 menit selesai telah usai.
“Namun bila kejadiannya seperti ini, dimana angka kelulusan hanya mencapai separuh dari formasi yang ditentukan, maka kami sebagai pembuat kebijakan di tingkat daerah akan mengirim surat kepada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan juga Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait dengan pelaporan hasil ini. Mengenai perihal kebijakan apa yang nanti dikeluarkan oleh mereka, kami sebagai pelaksana kebijakan di tingkat daerah, secara tidak langsung hanya dapat menunggu arahan dari atasan,” ungkap Sukadi.
Lebih lanjut Sukadi menyampaikan, bahwa ke 266 peserta tes CPNS yang berhasil lolos pada tes Standart Kompetensi Dasar (SKD) ini, masih akan menjalani tes berikutnya yaitu tes Standart Kompetensi Bidang (SKB). Dimana tes ini merupakan tahapan terakhir bagi peserta dalam dinyatakan lulus tidaknya untul menjadi PNS di Kabupaten Kediri.
“Peserta masih akan menjalani satu tes lagi yaitu Standart Kompetensi Bidang. Dimana tes ini merupakan penentuan bagi para peserta untul menjadi PNS atau tidak. Sedangkan dalam tes SKB ini terkait dengan penjadwalannya masih menunggu arahan dari pusat terkait dengan pelaksanaan,” beber Sukadi.(glh/yy/vr)