berita DAERAH

Pasok Air Bersih Untuk Daerah Kekeringan

Kediri, demonstran.com – Musim kemarau panjang di wilayah Kabupaten Kediri menyebabkan turunnya debit air di sumur milik warga. Ini terjadi di Dusun Badek dan Dusun Sepawon Desa Sepawon Kecamatan Plosoklaten. Penurunan debit air sumur ini membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Di dua dusun itu ada 875 kepala keluarga (KK). Berdasarkan laporan dari pemerintah kecamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri melakukan dropping air ke dua dusun itu, Senin (22/10). Pasokan air bersih bagi ratusan KK itu dipakai untuk mencukupi kebutuhan utama sehari – hari.

Rendi Agata, Kepala BPBD Kabupaten Kediri mengatakan, untuk hari pertama, dropping masih menggunakan satu tangki. Namun jika dibutuhkan lagi, BPBD akan menyiapkan tiga tangki mobil yang siap mendistribusikan air bersih ke dua dusun itu.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan perkebunan di Ngrangkah Sepawon untuk kebutuhan angkut air bersih. Ini untuk memudahkan agar distribusi pasokan air lebih cepat karena memang dibutuhkan warga. BPBD akan menambah pasokan lagi jika mendesak tentunya dengan armada mobil tangki yang kami siapkan,” katanya.

Ditambahkan Rendi, jangka waktu dropping air akan menyesuaikan kebutuhan di lapangan. Karenanya sejauh ini BPBD akan siapkan mobil tangki dan jika masih kurang, akan dibantu juga dengan mobil dari PMK Kabupaten Kediri.(glh/yy/vr)