Pemerintahan POLITIK

KPU Kabupaten Kediri Gelar Kursus Demokrasi dan Kepemiluan

Kediri, demonstran.com – Menjelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar Kursus Demokrasi dan Kepemiluan gelombanng 1 bagi pemilih pemula, Sabtu (20/10/2018) di Hotel Bukit Daun. Sebanyak 30 peserta dari berbagai kecamatan mengikuti kegiatan ini.
 Kursus ini membahas tentang sejarah pemilu di Indonesia, logistik dan instrumen Pemilu, serta mengenal kebutuhan logistik Pemilu 2019 di tingkat TPS.
“Tujuan diadakannya kursus ini kami ingin memberikan pemahaman dan tambahan wawasan kepada pemilih pemula mengenai  kepemiluan, konsep – konsep demokrasi berkaitan dengan pelaksanaan pemilu dan teknis penyelenggaraannya. Selain itu kami juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berkiprah dan berkontribusi sebagai penyelenggara pemilu diawali dari KPPS, dan kegiatan ini dapat dijadikan modal dan bekal dalam menjadikan mereka sebagai penyelenggara pemilu,”ujar Sapta Andaru Isworo, Ketua KPU Kabupaten Kediri.
“Kursus ini dapat dijadikan ajang dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu dengan cara mensosialisasikan kemasyarakat umum yang sudah kami berikan kepada para pemilih pemula,” tambahnya.
Dalam kesempatan yang sama pihaknya juga berharap bahwa kursus ini dapat dimanfaatkan para peserta pemilih pemula  sebagai ruang untuk menjadi penyelenggara pemilu. “Apa yang kami berikan semoga dapat dipahami dan dimanfaatkan sebagai pintu masuk atau ruang bagi peserta yang berminat untuk menjadi penyelenggara pemilu,”tutupnya.(lib/yy/vr)