berita WISATA

Santri Tampilkan Permainan Sepak Bola Api

Kediri, demonstran.com  – Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2018 mulai digelar di Pondok Pesantren Lirboyo Kelurahan Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Kamis (18/10/2018) malam. Puluhan santri yang tergabung dalam Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia (GASMI) menampilkan permainan sepak bola api. 
Para santri itu memegang, menendang, bahkan menyundul bola yang terbuat dari sabut kelapa yang direndam dengan minyak gas dan dinyalakan dengan api.
Agus Muhtadi, panitia acara mengatakan, acara tersebut digelar untuk memeriahkan hari santri. “Selain meramaikan hari santri, ini semua adalah cara kita melestarikan budaya lama yang sekarang ini sudah jarang ada yang memainkannya,” ucap laki – laki yang akrab disapa Gus Muh tersebut.
Menurut Gus Muh, meskipun terlihat mudah seperti memainkan bola biasa, permainan tersebut sangat berbahaya untuk orang orang yang tidak terlatih karena bisa menyebabkan kulit maupun rambut terbakar. “Permainan ini tidak disadankan untuk umum karena selain fisik yang kuat faktor yang tidak terlihatpun juga mempengaruhi fisik dalam permainan tersebut,” tuturnya.
Sementara iti, Imam Al Afgani (24) salah satu pemain sepak bola api mengaku senang dengan kegiatan tersebut, meskipun dalam praktiknya sangat berbahaya.
“Kita persiapan sudah sejak dua minggu yang lalu, mulai dari persiapa fisik dan juga ada wirid untuk melakukan ini,” jelas Imam.(glh/yy/vr)