berita EKONOMI

Pasar Setono Betek Resmi Dibuka

Kediri, demonstran.com – Setelah direnovasi, Pasar Setono Betek di Jalan Pattimura Kota Kediri, Kamis (18/10/2018) sekitar pukul 09.30 WIB diresmikan oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar.
Dalam sambutannya, Wali Kota berharap Pasar Setono Betek baru mampu menumbuhkan sektor perekonomian di Kota Kediri menjadi lebih maju. “Dengan telah direnovasinya Pasar Setono Betek tentunya kondisi pasar berubah menjadi lebih nyaman, bersih, dan tidak kumuh lagi. Mudah-mudahan mampu memberikan daya tarik tersendiri terhadap masyarakat Kediri untuk mau berkunjung dan melakukan transaksi jual beli sehingga nantinya akan berbanding lurus dengan  pertumbuhan ekonomi di lingkup tersebut,” kata Mas Abu.
Menurut Mas Abu, dulu sebelum direnovasi Pasar Setono Betek sepi pengunjung. Penyebabnya kondisi pasar yang becek, kumuh, dan juga banyak ditemui binatang seperti tikus.
“Faktor itulah yang kemarin membuat Pasar Setono Betek menjadi sepi. Pemkot Kediri berpikir bagaimana cara membangkitkan lagi Pasar Setono Betek, yang pada akhirnya muncul sebuah gagasan yaitu melakukan renovasi pasar dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di atas tadi,” ungkapnya.
Sementara itu Saiful Yasin, Direktur PD Pasar Kota Kediri mengatakan, ada 424 pedagang yang menempatiPasar Setono Betek yang baru saja selesai direnovasi. Dari keseluruhan pedagang tersebut terbagi seperti konveksi, pracangan, sayur, jajanan pasar, penjahit, gerabah, abrak, plastik, hingga rombeng.
“Ada 424 pedagang yang sudah kita lakukan relokasi. Sebenarnya untuk jumlah lokasi pasar baru ini hanya dapat menampung sebanyak 393 pedagang saja. Dengan kata lain ada sejumlah pedagang yang belum bisa mendapatkan tempat. Namun disini pada akhirnya pihak PD Pasar berinisiatif untuk membuatkan bangunan semi permanen yang berada di sebelah selatan lantai bawah untuk bisa menampung sisa dari pedagang tersebut. Yang akhirnya disitu memutuskan untuk bangunan semi permanen itu ditempati oleh pedagang daging, baik daging sapi, ayam hingga ikan segar sehingga 424 pedagang ini bisa tertampung semua,” jelas Yasin.
Renovasi Pasar Setono Betek ini dimulai sejak 18 Juli 2017 lalu. Sedangkan dalam renovasi pasar tersebut menggunakan dana APBD Kota Kediri sebesar Rp 25 miliar.(glh/yy/vr)