berita EKONOMI

Harga Sayuran, Naik Tapi Masih Wajar

Kediri, demonstran.com – Isu harga cabai yang membumbung tinggi membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kediri menggelar sidak pasar. Sidak bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) itu dilakukan di Pasar Setono Betek, Senin (15/10/2018).

Hasilnya, dari beberapa pedagang diketahui, harga cabai masih relatif stabil. “Dari hasil sidak, tidak ditemukan adanya kenaikan harga cabai yang signifikan. Bila itu ada kenaikan, namun kenaikan tersebut masih terbilang wajar,” kata Yetty Sisworini, Kepala Disperindag Kota Kediri.

Diketahui, harga cabai kriting yang semula Rp. 25.000 per kilogram,  naik menjadi Rp. 30.000 per kilogram. Cabai kecil dari harga Rp. 20.000 kini menjadi Rp. 24.000 per kilogramnya.

“Kenaikan masih wajar, kami kira kabar kenaikan tersebut mampu mencapai sekitar Rp. 60.000 – Rp. 75.000 per kilogram seperti tahun-tahun lalu. Namun ternyata setelah kami survei harga tersebut tidak seperti kabar yang beredar,” jelas Yetty.

Sementara sejumlah  komoditi lain juga mengalami kenaikan harga diantaranya wortel dari semula Rp 8.000 per kilogram kini naik menjadi Rp 10.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga  kol (kubis) juga mengalami kenaikan dari semula Rp 5.000 per kilogram kini naik menjadi Rp 10.000 per kilogram.

“Kenaikan harga tersebut sudah berangsur semenjak satu minggu kemarin. Kenaikan tersebut dipicu akibat stok bahan sayuran yang mulai berkurang akibat cuaca ekstrem (panas),” kata Fahmi (28) penjual sayur-sayuran di Pasar Setono Betek.(glh/yy/vr)