EKONOMI PENDIDIKAN

Ini Cara Unik Dorong Kemandirian Anak Punk

Kediri, demonstran.com – Upaya meningkatkan dan mendorong kemandirian anak punk terus dilakukan. Seperti yang dilakukan Pemkot Kediri bekerja sama dengan PT Madusari Nusa Perdana (sosis bakar dan sosis telur), PT Siva Oscar Aditya (travel and tour), dan Comela Teh (Mas Pur). Kedua pihak bersinergi menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak – anak jalanan itu agar masa depannya lebih cerah.
Di bawah binaan Satpol PP Kota Kediri, para anak jalanan atau anak punk ini diberi lapangan pekerjaan untuk mengelola usaha waralaba. Misalnya menjual sosis bakar dan sosis telur, teh comela aneka rasa, serta jasa tur dan travel. Rata-rata para anak punk yang sudah jadi binaan dulunya sering terkena razia satpol PP.
Menurut Kepala Satpol PP Kota Kediri Ali Mukhlis, acara opening waralaba binaan Satpol PP Kota Kediri ini bertujuan agar anak punk bisa berdaya dan berguna di masyarakat. “Karena dulu mereka hidup di jalanan, setelah mendapatkan pembinaan, akhirnya mereka diberdayakan dengan memberikan usaha waralaba makanan dan minuman kaki lima serta jasa tur dan travel,” ujarnya usai membuka opening waralaba di kantor satpol PP, Kamis (11/10/18) malam.
Ali menambahkan, meskipun berjualan di jalan, anak punk harus menaati peraturan daerah yang mengatur masalah kegiatan para pedagang kaki lima.
Sementara itu , Ani Rahayu, salah satu anak punk yang telah menjadi binaan Satpol PP mengaku sangat bersyukur atas diberikannya pekerjaan usaha waralaba ini. Dia merasa lebih bisa mandiri dibandingkan hanya mengamen di jalan, minum-minuman keras, dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat.
“Dengan adanya usaha ini, kami bisa menunjukkan kepada masyarakat jika kami lebih kreatif dan bisa berubah lebih baik,” ungkapnya.(glh/dk/yy/vr)

105 thoughts on “Ini Cara Unik Dorong Kemandirian Anak Punk”

  1. Hi, I do think this is a great web site. I stumbledupon it 😉 I may revisit once again since
    I saved as a favorite it. Money and freedom is the greatest way
    to change, may you be rich and continue to guide others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.