berita Pemerintahan

Ada Ikrar Kesetiaan di Peringatan Kesaktian Pancasila

Kediri, demonstran.com   – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 di lapangan belakang Kantor Pemkab Kediri, Senin (1/10). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati Kediri, Drs. H. Masykuri. MM. Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Peserta upacara terdiri dari anggota TNI Polri, seluruh pegawai di lingkungan Kabupaten Kediri,  dan sejumlah pelajar serta mahasiswa.

Tema yang diangkat pada peringatan kali ini adalah kerja bersama berlandaskan Pancasila, mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Hadir pula dalam kegiatan ini Dandim 0809 Kediri, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Kapolres Kediri, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Kejaksaan Negeri Kediri, dan Sekda Kabupaten Kediri.

Dalam upacara ini dibacakan naskah ikrar kesetiaan terhadap Pancasila.  Ikrar dibacakan oleh H Sulkani, Ketua DPRD Kabupaten Kediri. “Di hadapan Tuhan YME dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia” demikian petikan ikrar kesetiaan yang dibacakan Sulkani.

Wakil Bupati Kediri, Drs. H. Masykuri. MM mengatakan, upacara memeringati Hari Kesaktian Pancasila ini bukan kegiatan seremoni yang hanya sekadar membacakan teks Pancasila saja, tetapi bagaimana memahami dari lima sila tersebut.

Lanjutnya, sesuai dengan motto yaitu Pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa, ia berharap agar bisa diterapkan untuk kehidupan berbangsa dan bertanah air di NKRI ini, khususnya di Kabupaten Kediri. “Diharapkan dengan Pancasila kita bisa tetap bersatu untuk NKRI, semoga ini bisa ditanamkan sebagai ideologi bagi masyarakat Indonesi, khususnya di Kabupaten Kediri,” harapnya.

Lebih lanjut Wabup berpesan kepada masyarakat Kediri khususnya generasi muda agar tidak lupa dengan sejarah terutama dengan hari kesaktian Pancasila.

“Saya berharap para generasi muda beserta masyarakat luas ini juga menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kelima sila yang ada di dalam Pancasila. Dengan itu, maka kita akan hidup damai, berdampingan satu sama lain dan terakhir mampu memberikan kesejahteraan bagi kita semua,” jelas Masykuri.(glh/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *