berita WISATA

10 Ribu Nanas Ludes Diserbu Pengunjung

Kediri,demonstran,com – Festival Nanas dan pameran buah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri bekerja sama dengan masyarakat Kecamatan Ngancar, Minggu (30/9) berlangsung meriah. Kegiatan yang berlangsung di lapangan rest area bawah atau area tiket masuk wisata Gunung Kelud itu mampu menyedot animo masyarakat untuk datang dan menyemarakkan festival ini. Sebanyak 10 ribu buah nanas yang telah disediakan oleh panitia ludes diserbu oleh pengunjung.

Suharsono, Camat Ngancar Kabupaten Kediri mengatakan, festival nanas ini bertujuan untuk meningkatkan serta mengenalkan potensi pertanian nanas yang dimiliki oleh warga Ngancar.

“Kita ketahui, Kecamatan Ngancar merupakan penghasil nanas terbesar di Jawa Timur. Dan 75 persen wilayahnya ditanami dengan buah nanas. Maka dari itu dengan digelarnya festival nanas ini mampu mendongkrak popularitas dari produk unggulan yang dimiliki oleh warga setempat yang pada akhirnya berdampak pada ekonomi maju bagi warga Ngancar,” terangnya.

Sementara itu Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam kesempatan yang sama menyampaikan kegiatan ini digelar dalam upaya mengangkat berbagai potensi hortikultura yang dimiliki Kabupaten Kediri. Poin pentingnya, untuk memberikan ruang bagi para petani pembudidaya buah dan sayur untuk bersilaturahmi, juga agar produksi mereka semakin dikenal dan memberikan nilai tambah ekonomis.

“Kondisi saat ini, Kabupaten Kediri dikenal sebagai sentra buah di Jawa Timur. Baik nanas, durian, sirsat, alpukat, pisang dan beberapa jenis sayur tumbuh subur di Bumi Panji Kediri. Tentunya event ini menjadi penting untuk menegaskan kepada masyarakat bahwa Kabupaten Kediri kaya akan potensi buah-buahan. Harapannya, potensi ini terus berkembang dan memberikan nilai tambah dan kesejahteraan bagi petani budidaya buah Kabupaten Kediri,” ujar Bupati Haryanti.

Diketahui dalam festival ini panitia menyediakan 10 ribu buah nanas yang dibagikan secara gratis bagi pengunjung yang datang dalam festival ini.  Tak hanya buah nanas, panitiapun juga memberikan susu sapi secara gratis bagi pengunjung yang hadir. (glh/dk/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *