berita WISATA

Lestarikaan Budaya Leluhur

Bersih Desa Sukorejo Katang 
Kediri, Demonstran.com – Pemerintah dan masyarakat Dusun Katang Desa Sukorejo Kecamatan Gampengrejo menggelar bersih desa, Kamis(27/9). Pembukaan acara berlangsung di rumah  Sudarmanto, kepala desa setempat, dihadiri sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya.
Bersih desa diawali dengan pengalungan bunga melati pada patung Semar oleh kepala desa. Selanjutnya perwakilan Disparbud Kabupaten Kediri mengalungkan rangkaian melati pada kepala desa, lalu sekretaris kecamatan mengalungkan rangkaian melati ke istri kades. Acara dilanjutkan dengan arak – arakan menuju punden. Disana akan dilakukan pembagian tumpeng kemudian dilanjutkan ke makam Eyang Sukodono dan Eyang Maeso.
Drs.Yuli Marwanto.SE.MM , kepala  bidang sejarah purbakala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. “Dari kami membawa 30 sampai 40 orang dari sanggar Cipto Budho Laras yang mem back up pawai dengan arak-arakan. Harapan saya, supaya terus  melestarikan budaya jawa khususnya budaya yang ada ditanah air Indonesia,” ujarnya.
Gatot, selaku panitia acara suroan, mengucapkan terimakasih kepada  warga Desa Sukorejo, khususnya warga Dusun Katang yang telah mangayubagyo kegiatan bersih desa ini, sehingga kegiatan lancar dan tertib. “Kami juga berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten kediri dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” katanya.
Sigit, komunitas Gologanjur Kawedusan mengaku mengikuti kegiatan suroan ini, agar dikenal masyarakat lokal maupun luar daerah.  “Selain itu supaya budaya ritual tidak punah, dan kami ingin  menjaga kelestarian kejawen, hingga bisa dinikmati dan dipelajari generasi muda. Kegiatan ini untuk kirap hanyalah sesajen , sedangkan untuk gamelan dan seni lainnya untuk memeriahkan,” tandasnya.
Rangkaian kegiatan bersih desa ini berjalan lancar dan dilanjutkan dengan langen beksan, pengajian, dan jaranan. (dk/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *