EKONOMI

Bisnis Ikan Cupang, Menggiurkan dengan Omzet Jutaan Rupiah

Kediri, demonstran.com – Budidaya ikan hias di Kota Kediri terus berkembang dan tidak pernah sepi peminat. Diantara berbagai jenis ikan hias, salah satu yang masih terus awet digemari penghobi adalah ikan cupang .

Di Kota Kediri, sentra budidaya ikan cupang berada di Kelurahan Ketami Kecamatan Pesantren. Di kelurahan ini, terdapat ratusan rumah tangga yang beternak ikan cupang, baik sekadar sebagai penghasilan tambahan ataupun pekerjaan utama.

Salah satu pembudidaya cupang adalah Ariadi warga Desa Ketami RT 1 / RW 1 Kota Kediri. Usaha itu ditekuni sejak 1991 silam.  Jenis cupan yang dibudidayakan juga beragam. Mulai dari jenis ikan cupang plakat, serit, halfmoon, dan giant.

Lalu berapa omzet yang diperoleh dari usahanya itu ?  “Dalam satu bulan bisa mencapai Rp 7 – 8 juta, tergantung stok dan musim. Contoh saja memasuki bulan September – Mei, bulan-bulan ini merupakan musim panen dari ikan hias jenis cupang,” kata Ariadi, Kamis (27/9/2018).

Sedangkan untuk pemasarannya, ia biasa memasok ke berbagai kota. Seperti Surabaya dan bahkan hingga ke Jakarta. Baginya, dengan menjadi pembudidaya ikan hias cupang, mampu memberikan penghasilan yang cukup besar dan mampu menopang roda perekonomiannya sehari-hari.

Ariadi sendiri juga berbagi cerita, hanya dengan modal awal Rp 500 ribu, usaha budidaya ikan hias cupang yang digelutinya sejak tahun 1991 tersebut, telah menghasilkan omzet sekitar Rp 2 Juta dalam setiap minggunya. “Ketika saya tahu kalau berbisnis jualan ikan hias cupang ini sangat menjanjikan, dari sinilah saya kemudian mencoba mengajak beberapa tetangga yang belum punya pekerjaan untuk berbudidaya ikan hias cupang ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, kalau saat itu hanya ada 12 tetangganya yang mau diajaknya untuk berbisnis ikan hias jenis cupang ini.  “Alhamdulillah, saat ini sudah banyak warga di sini yang mengikuti jejak saya untuk berbudidaya ikan hias Cupang ini,” imbuhnya.

Ariadi menyebut kendala utama dalam budidaya ikan cupang adalah faktor alam, yaitu suhu dan curah hujan yang tidak menentu. Pada masa pancaroba tersebut, banyak benih yang gagal tumbuh karena serangan jamur dan bakteri yang ada di air. Untuk menyiasati kondisi ekstrem tersebut, dibutuhkan perhatian yang ekstra dalam budidaya.(glh/vr)

101 thoughts on “Bisnis Ikan Cupang, Menggiurkan dengan Omzet Jutaan Rupiah”

  1. Hey there would you mind letting me know which hosting
    company you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different browsers and I must say this
    blog loads a lot quicker then most. Can you suggest a good hosting provider at a honest price?

    Thanks, I appreciate it!

  2. Hey there! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to
    take a look. I’m definitely loving the information. I’m book-marking and
    will be tweeting this to my followers! Exceptional blog and outstanding style and design.

  3. Hey there just wanted to give you a quick heads up.
    The text in your content seem to be running off the screen in Ie.
    I’m not sure if this is a format issue or something
    to do with browser compatibility but I figured I’d post to
    let you know. The design and style look great though!
    Hope you get the problem resolved soon. Kudos

  4. It is appropriate time to make some plans for the future and it’s time to be happy.

    I’ve read this post and if I could I want to suggest you few interesting things or suggestions.

    Perhaps you could write next articles referring to this article.

    I want to read more things about it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.