berita KRIMINAL

7 Pelaku Curas dan Curat Diringkus

Kediri,demonstran.com – Operasi Sikat Semeru 2018 yang digelar Polres Kediri Kota selama 12 berhasil mengungkap 11 tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat). Total 7 tersangka yang berhasil ditangkap beserta dengan barang bukti hasil kejahatan.

AKBP Anthon Haryadi Kapolresta Kediri mengatakan, Operasi Sikat Semeru yang dilakukan tanggal 4 September 2018 sampai tanggal 16 September 2018 ini selain untuk mengungkap dua target operasi, anggota kepolisian juga mengungkap empat target lain.

“Dua target operasi terdiri dari tindak kejahatan curat dan curas di dua tempat kejadian perkara (TKP), dan dilakukan perorangan,” ungkapnya dalam konferensi pers.

Lokasi curat di Kelurahan Bandarlor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, tersangka MR (32) asal Kelurahan Sukorame Kecamatan Mojoroto dengan barang bukti dua unit telepon genggam. Sedangkan tindak kejahatan curas di Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Kota, tersangka AHP (29) asal Desa Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

Untuk empat non TO terdiri dari tiga curat dan satu curas. Ada 11 laporan tindak kejahatan yang diterima. Operasi ini juga untuk menciptakan kondisi yang kondusif di wilayah hukum Polresta Kediri.

“Dari tujuh tersangka, lima tersangka dapat kami hadirkan. Dua tersangka lainnya, satu masih menjalani perawatan karena tertembak dan satu masih menjalani penyidikan di Polres Kediri,” ujar Anthon.

Tersangka tindak kejahatan curat adalah CP (23) asal Kelurahan Ngadirejo Kota Kediri, SDN (68) asal Desa/Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, dan RR (40) asal Desa Kaliboto Kecamatan Tarokan dengan enam TKP yang berbeda. Sedangkan tersangka tindak kejahatan curas berinisial AW (28) asal Desa Jetis Kabupaten Ponorogo.

“Penangkapan tersangka ini hasil dari upaya gaya operasi proaktif, tersangka dijerat pasal 365 KUHP dan 363 KUHP dengan ancaman minimal lima tahun kurungan penjara. Selain itu, kami juga membentuk tim anti bandit dan satgas anti kejahatan jalanan sehingga diharapkan mampu menekan tindak kejahatan di Kota Kediri,” tandasnya.(glh/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *