POLITIK

Tiga Bacaleg Mundur

Kediri, demonstran.com – Menjelang penetapan daftar calon tetap (DCT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah bakal caleg mulai mengundurkan diri. Setelah dua bacaleg mengundurkan diri, satu lagi bacaleg yang mundur sehingga jumlah bacaleg Kota Kediri saat ini menjadi 317 orang.

Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis, Pusporini mengatakan, satu bacaleg yang mundur adalah Arif Setiya Wardhana dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) nomor urut 5, daerah pilihan (Dapil) 3 Kecamatan Pesantren. Pengunduran satu bacaleg itu membuat sudah ada tiga bacaleg yang mengundurkan diri. Sebelumnya, Sulaeman dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Alpiati dari Partai Nasdem nomor satu daerah pilihan (dapil) 1 Kota Kediri juga mundur dari bursa pencalegan.

“Sekarang jadi ada tiga yang mengundurkan diri. Tapi, satu orang ada penggantinya yaitu Alpiati dari Partai Nasdem digantikan oleh Hartingah, sisanya menjadi 317 bacaleg,” katanya.

Sampai pada penetapan DCT, bacaleg dipersilakan untuk mengundurkan diri. Namun setelah penetapan itu hanya caleg yang berhalangan tetap seperti meninggal dunia atau sakit parah saja yang diperbolehkan mengundurkan diri. Selain itu, jika ada bacaleg yang mundur selama masih dalam daftar calon sementara (DCS), pergantian hanya diperbolehkan untuk bacaleg perempuan dengan syarat kuota minimal 30 persen keikutsertaan perempuan dalam satu dapil tidak terpenuhi.(glh/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *