POLITIK

Penetapan DPT Kota Kediri Diundur

Kediri,demonstran.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri memutuskan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) untuk Pemilu 2019 diperpanjang. Hal tersebut dilakukan lantaran banyaknya tanggapan dari partai politik (parpol) dan juga Bawaslu.
“Berdasarkan instruksi dari KPU RI, masing-masing wilayah dianjurkan untuk mencermati kembali DPTHP. Hal ini dilakukan karena banyaknya tanggapan dari parpol terhadap data pemilih. Tidak hanya persoalan pemilih ganda, tetapi elemen lainnya seperti e-KTP, meninggal dunia, pindah alamat dan lainnya harus kembali dicermati, agar dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nanti tercipta data pemilih valid,” kata Anis Iva Permatasari, Komisioner Perencanaan dan Data KPU Kota Kediri.
Ada ketidaksamaan antara rekap KPU, Parpol, dan Bawaslu. Data yang telah direkap oleh partai politik menunjukkan jumlah pemilih ganda sebanyak 247.449. Sedangkan Bawaslu mencatat 262 data ganda.
“Setelah kita cermati, rekomendasi dari Parpol itu ternyata mengacu pada data DPS (daftar pemilih sementara) setelah kita verifikasi ternyata itu sudah tidak ganda, jadi tidak perlu kita TMS (Tidak Memenuhi Syarat) kan. Sedangkan dari Bawaslu setelah kita cermati dan kita lakukan verifikasi faktual oleh PPS ternyata hanya 131 pemilih yang dinyatakan TMS ganda, di luar rekom Bawaslu maupun parpol. Kita sendiri mencermati DPT kita dan menemukan sejumlah pemilih ganda. Berdasarkan acuan dari KPU RI sendiri terkait dengan kapan hari penetapan DPT ini juga masih belum ditentukan. Yang jelas untuk saat ini kita masih melakukan pencermatan kembali terhadap data DPTHP, “jelas Iva.(glh/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *