PENDIDIKAN

Siswa Tuna Rungu jadi Juara Membatik

Kediri, demonstran.com – Chandra Ristiawan , siswa kelas 11 SMALB Dharma Putra Daha  Desa Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri meraih juara harapan 2  pada lomba membatik perseorangan tingkat Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Hotel Selekta, selama 3 hari mulai tanggal 4 – 7 September 2018.

Denok Sumini, S.Pd, AUD guru yang mendampinginya menyampaikan, sebelum maju ke tingkat provinsi, Chandra yang merupakan siswa tuna rungu ini meraih juara 1 membatik tingkat kabupaten. “Saya sangat bersyukur atas prestasinya, walaupun sebelumnya harus dirayu dahulu biar mau berlatih” ujarnya.

Menurut Denok, proses belajar membatik yang dijalani Chandra berlangsung bertahap. Dia harus sabar membimbing Chandra, baik saat menjelaskan teknik-teknik dan alat-alat membatik.

Budi Kuncoro,  S. Pd, Kepala SLB Dharma Putra Daha berharap agar anak yang mempunyai keterbatasan serta kekurangan nantinya bisa menjadi anak yang mandiri dan bertanggungjawab serta bisa mempunyai penghasilan sendiri dari keahlian yang dimiliki. “Saya harap anak-anak usai menempuh pendidikan disini bisa hidup mandiri dan bisa mempunyai penghasilan sendiri dari keahlian yang mereka miliki, ” ucapnya.

“Sebenarnya anak-anak mempunyai potensi yang lebih bila selalu dibimbing dan dikembangkan. Selain itu di SLB Dharma Putra Daha juga ada ekstrakurikuler diantaranya menyayi dan main musik untuk tuna netra,  membatik,  menyablon,  desain, menjahit, serta tataboga,” lanjutnya. (yy/glh/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *