POLITIK

Jelang DCT, 2 Bacaleg Mundur

Kediri, demonstran.com – Dua bakal calon anggota legislatif (bacaleg) mengundurkan diri menjelang penetapan daftar calon tetap (DCT). Dua bacaleg itu berasal dari Partai Nasdem dan PPP. Mereka yakni Apiyati dari Partai Nasdem dan Sulaeman dari Partai PPP. Keduanya berada di daerah pemilihan (dapil) 1 Kota Kediri.

Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis, Pusporini Endah Palupi mengatakan, untuk Bacaleg dari Partai Nasdem sudah mengajukan surat resmi pengunduran diri. Sedangkan dari Partai PPP sudah mengajukan namun belum lengkap persyaratan administrasi pengunduran diri.

“Yang Nasdem sudah memenuhi syarat pengunduran diri dan akan langsung diganti oleh salah satu anggota DPRD dari Fraksi Gerindra yang belum memiliki partai untuk mendaftar. Sedangkan untuk PPP masih belum lengkap datanya,” ujar Pusporini saat ditemui wartawan Tabloid Demonstran di ruang kerjanya, Kamis (6/9/2018).

KPU juga memberikan tenggang waktu antara 4 sampai 10 September untuk pergantian bacaleg bagi perempuan yang tidak memenuhi kuota 30 persen.

“Nasdem sudah ada gantinya, Bu Hartingah yang akan mengganti. Sampai saat ini sudah ada komunikasi dengan KPU tapi belum mengajukan syarat pendaftaran karena masih melengkapi,” jelasnya.

Sementara, Hartingah sampai saat ini masih terdaftar sebagai anggota DPRD Kota Kediri dari Partai Gerindra. Melihat posisi itu, Puspo mengatakan, KPU tidak ikut campur terkait urusan partai politik, pihaknya hanya bisa menerima jika bacaleg yang pindah partai menyertakan surat pengunduran diri dari partai sebelumnya, karena aturan dalam PKPU hanya menjelaskan seperti itu,” pungkasnya.(glh/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *