berita DAERAH

Hebat, Komunitas Ini Bersihkan Masjid Tanpa Dibayar

Kediri,demonstran.com – Memelihara, menjaga, dan membersihkan masjid atau musala lazimnya dilakukan oleh marbot maupun takmir. Namun di Kota Kediri, ada sekelompok orang yang rela membersihkan masjid atau musala tanpa mau dibayar alias sukarela.

Para relawan yang menamakan dirinya korps bersih-bersih masjid ini rutin berkeliling untuk membersihkan masjid maupun musala. Komunitas ini berdiri sejak Januari 2018 lalu. Hati mereka terketuk setelah melihat kondisi beberapa masjid yang kotor.

“Selain membersihkan masjid, komunitas ini juga mendorong kepada pemuda sekitar masjid dan takmir untuk aktif membersihkan masjid. Agar saat digunakan untuk beribadah, jamaah dapat merasa nyaman,” kata Rudi Agus Wahyudi ketua dari komunitas ini saat ditemui wartawan Tabloid Demonstran di Masjid Agud saat tengah melakukan bersih-bersih.

Lalu bagaimana jika jadwal bersih – bersih masjid berbenturan dengan jadwal kerja para relawannya ? “Otomatis kita harus meninggalkannya. Saya sendiri tidak terlalu mengedepankan gemerlap duniawi semata. Karena saya sendiri lebih baik memikirkan amalan baik pada hari akhir nanti. Sedangkan untuk perihal pekerjaan kami sendiri adalah wirausaha. Saya punya pabrik dan showroom mobil. Ya alhamdulillah terkait dengan kebutuhan sehari-hari masih bisa terpenuhi,” paparnya.

Terakhir Rudi berpesan kepada masyarakat agar lebih tanggap dan peduli terhadap kebersihan dari tempat-tempat ibadah. “Mari kita wujudkan kebersihan dan ciptakan kenyamanan bersama-sama dengan menjaga kebersihan masjid meski dalam waktu sesibuk mungkin dalam urusan duniawi,” pungkasnya.(glh/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *