berita Kesehatan

Duh, 97 Pengidap HIV/AIDS Ditemukan di Kota Kediri

Kediri,¬†demonstran.com –¬†Kasus HIV/AIDS kembali ditemukan di Kota Kediri. Dalam kurun 6 bulan, sebanyak 97 pengidap baru ditemukan. Dinas kesehatan setempat memprediksi temuan kasus HIV / AIDS akan terus bertambah.

Dinkes Kota Kediri mencatat, periode
2003 – 2017, 1.051 orang positif mengidap HIV/AIDS. Jumlah itu terdiri dari 607 laki-laki dan 444 perempuan. Sebanyak 77 pengidap dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan untuk tahun lalu saja, ditemukan 200 kasus HIV/AIDS. Pengidap yang ditemukan yakni 133 laki-laki dan 67 perempuan, dengan 18 pengidap diantaranya meninggal dunia.

Menurut Hendik Supriyanto, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PN) Dinkes Kota Kediri, pengidap HIV/AIDS kebanyakan berusia produktif, antara 20 – 30 tahun.

“Dari usia tersebut kalau dipetakan dari latar belakang kebanyakan didominasi oleh ibu rumah tangga dan swasta,” jelasnya.

“Yang jelas kami akan menangani serta mengobatinya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Meski dalam pengobatan itu tidak bisa menyembuhkan secara total. Akan tetapi, setidaknya dengan pengobatan itu mampu mengurangi jumlah virus yang terus semakin berkembang dan semakin banyak. Pengobatan tersebut juga akan menekan tingkat kematian pengidap HIV/AIDS,” pungkasnya.(glh/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *