POLITIK

DCS Minim Tanggapan

Kediri,demonstran.com – Menjelang pemilihan legislatif (pileg) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menyebutkan masih minimnya tanggapan masyarakat terhadap DCS. Padahal tanggapan tersebut nantinya sangat penting untuk informasi terkait bacaleg.

Seperti dikatakan oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruiswara. Menurutnya, hingga saat ini, hanya ada dua orang yang melaporkan ke KPU. “Ada sejumlah penyebab yang memicu kondisi ini dan salah satunya karena jumlah bacaleg di Kabupaten Kediri sangat banyak,” jelasnya.

Sapta mengatakan, sebenarnya banyak tanggapan yang disampaikan warga. Namun  hanya diberikan secara lisan saja. Padahal sesuai peraturan KPU Pusat tanggapan ini harus diberikan secara tertulis dan tanggapan masyarakat tersebut harus dilengkapi sejumlah data yang memadai. Lalu, pada tahap selanjutnya diserahkan langsung ke kantor KPU setempat. “Belum ada, tapi kalau tanggapan masyarakat secara lisan banyak. Namun, kami tidak bisa memproses laporan ini, karena aturannya harus formal,” katanya.

KPU setempat menepis anggapan kurang melakukan sosialisasi. Khususnya, terkait tanggapan masyarakat terhadap profil bacaleg ini. “Hal ini lantaran, kami telah menggelar serangkaian agenda pengenalan bacaleg di setiap desa di wilayah kerjanya,” katanya.

Bahkan, imbuh dia, juga telah menggandeng berbagai pihak terkait untuk memperluas informasi tersebut. Salah satunya, dengan menjalin sinergi bersama media massa. “Kami bekerja sama dengan sejumlah radio, media cetak, media online, hingga media televisi tentang sosialisasi ini,” katanya.(glh/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *