EKONOMI

Wah..Setelah 10 Tahun, Harga Jagung Naik

Kediri, demonstran.com – Petani jagung di Dusun Sumberagung Desa Sumbercangkring Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri bisa tersenyum lega. Inj lanntaran harga jagung mengalami kenaikan menjadi Rp 4.000 per kilogram. Kenaikan harga ini merupakan kali pertama dalam waktu 10 tahun terakhir.

Gunawan (45) salah satu petani menyebut, sebelumnya harga jagung saat panen hanya berkisar Rp 3.000 sampai Rp 3.500 per kilogram.

“Setiap kali panen dalam sepuluh tahun terakhir, kami hanya mendapatkan harga jagung  Rp 3.500 per kilogramnya. Jelas ini menjadi kenaikan yang signifikan, berita gembira, serta semangat tersendiri bagi kami para petani” tuturnya, Kamis (16/8/2018).

Gunawan menyebut, hasil panen jagung dengan harga tinggi ini akan digunakan untuk biaya tanam, seperti membajak sawah dan pemupukan. “Hasil yang kami dapatkan dalam panen ini nantinya akan kami putar untuk musim tanam berikutnya, jika ada lebihnya baru itu menjadi laba bagi kami,” tambahnya.

Dia berharap, harga jagung stabil. Apalagi dengan datangnya musim kemarwu panjang, ongkos tanam pasti bertambah, terutama untuk penyediaan irigasi.

“Kami sangat berharap kenaikan harga jagung ini terus terjaga, mengingat kami para petani mengeluarkan dana yang besar pada setiap musim kemarau ini untuk mengairi sawah,” tutupnya.(lib/yy/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.