Pemerintahan

Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini

Kediri, demonstran.com – Libur panjang sekolah telah usai, rutinitas kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru 2018/2019 kembali dimulai. Dengan semangat baru pula para murid datang kesekolah. Nampak keceriaan dari raut wajah mereka dapat berkumpul kembali bersama teman-teman, (19/7)

Seperti di SDN Pagung III Desa Pagung Kecamatan Semen, sebanyak 91 siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar. Wajah baru juga ada, yang dulunya masih di Taman Kanak-kanak (TK) sekarang sudah masuk kelas 1 SD.

Di sekolah ini juga terdapat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang muridnya sejumlah 20 anak. Hari ini sedikit berbeda dari biasanya, dimana Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno berada di tengah-tengah mereka dalam program Kelas Inspirasi yang diadakan oleh koran Radar Kediri.

Kelas Inspirasi 2Beruntung bagi para murid karena Bupati Kediri hadir dan mengajar mereka. Selain itu juga ada beberapa hadiah yang dibagikan kepada para murid. Materi yang diajarkan adalah belajar menghafal lagu-lagu Nasional Indonesia seperti, Lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Padamu Negeri dan masih banyak lagi.

Selain menyanyikan lagu Nasional, mereka juga diajak untuk tanya jawab. Melihat tingkah lucu dan lugu dari para anak-anak, senyum lebar terus mengembang dari bibir Bupati Kediri.
Ditemui setelah kegitan Kelas Inspirasi, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan yang diajarkan hari ini kepada para siswa adalah belajar menghafal lagu-lagu Nasional. Karena saat ini banyak sekali anak yang tidak hafal dengan lagu Nasional.

Kelas Inspirasi 3″Lagu Nasional merupakan salah satu pendidikan karakter yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar para siswa bangga menjadi anak Indonesia yang cinta tanah air dan bangsa,” jelasnya.
“Pendidikan karakter sangatlah diperlukan karena akan mampu mencetak generasi penerus yang memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Mudah-mudahan mereka akan menjadi anak yang sukses dan meraih apa yang dicita-citakan,” terangnya. (Kominfo/lks,yda,tj,wk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.