berita WISATA

Menjaga Tradisi Larung Sesaji dan Labuh Bumi

Kediri,¬†demonstran.com –¬†Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri menggelar acara budaya larung sesaji dan labuh bumi di Sungai Brantas, Minggu (29/7/2018). Acara ini dihadiri para pejabat pemkot, Forpimda, dan FKUB.

Berbagai macam sesaji dibawa dalam tradisi ini. Seperti gunungan hasil bumi, tumpeng, 2 ekor bebek, dan kepala sapi. Sesaji itu merupakan wujud syukur masyarakat Kota Kediri kepada Tuhan atas kekayaan alam dan rezeki yang melimpah.

Makanan beserta seluruh isi dari tumpeng tersebut di hanyutkan ditengah sungai brantas. Dan saat itu pula warga yang hadir dalam acara tahunan ini berusaha menceburkan diri dan berenang menuju tengah sungai untuk mendapat larung sesaji itu.

“Tradisi ini sekaligus menandai hari jadi Kota Kediri ke-1139. Aneka ragam budaya yang kita miliki saat ini, diharapkan menjadi harmonisasi dari segala perbedaan dan memacu sektor pariwisata maupun pelestarian kebudayaan. Kita berharap adanya kesadaran warga Kota Kediri untuk senantiasa melestarikan kebudayaan yang sudah ada sejak dulu. Dengan meningkatnya sektor pariwisata dan kebudayaan, diharapkan akan mampu mendongkrak perekonomian,” kata Mandung Sulaksono, Asisten 1 Pemerintahan Kota Kediri.(glh/vr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *