berita DAERAH

Dalam Menunjang Pelayanan Terhadap Masyarakat, Polresta Kediri Luncurkan Tiga Aplikasi Sekaligus

Kediri,demonstran.com – Dalam rangka memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat yang cepat serta mudah dalam mengurus segala bentuk keperluannya terhadap aparat kepolisian. Polres Kediri Kota launchingkan program baru yakni Integrated Command Center (ICC), E Visitor dan E – SPKT yang dilakukan di Polres Kediri Kota, Rabu (11/7/2018).  
Dengan dilaunchingnya ketiga program ini diharapkan masyarakat akan lebih cepat, mudah dan efisien untuk mendapatkan pelayanan dari aparat kepolisian karena semua telah berbasis teknologi.
Dengan adanya program tersebut masyarakat akan dimudahkan dalam segala bentuk keperluannya terhadap kepolisian terutama dalam mengurus pemberkasan di kantor kepolisian, karena mereka sudah bisa mengaksesnya lewat aplikasi ini untuk menyelesaikan segala bentuk keperluannya, salah satunya adalah mengurus SKCK, laporan kehilangan, perpanjang SIM (surat izin mengemudi) dan lain sebagainya.
AKBP Anthon Haryadi, S.IK. menjelaskan, tiga aplikasi itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dua aplikasi yakni ICC dan E Visitor berfungsi untuk mengawasi kinerja anggota kepolisian dalam menjalankan tugas.
Selain itu aplikasi ini juga untuk mengendalikan kinerja anggota melalui beberapa program yakni seperti patroli barcode, patroli sambang, problem solving hingga laporan lalu lintas.
“Untuk ICC dan E Visitor itu dibuat agar kita bisa mengawasi para anggota dalam menjalankan tugasnya dan nanti kita dari command centre ini juga bisa mengendalikan kinerja dari petugas kepolisian,” ungkap Kapolres kepada wartawan Tabloid Demonstran.
Sedangkan E – SPKT lanjut Kapolres, berguna untuk melayani masyarakat yang hendak membuat surat-surat yang berhubungan dengan kepolisian. Salah satunya adalah mengurus surat SKCK, surat kehilangan, mengurus SIM, hingga izin keramaian.
“Jadi mereka bisa mengisi berkas-berkas tersebut lewat aplikasi E – SPKT ini melalui handphone. Jadi perihal ini bisa kita katakan bisa memangkas waktu bila kita bandingkan masyarakat yang harus mengisi pada saat di kantor kepolisian. Jadi dengan mengisi lewat gadged (handphone), masyarakat bisa mengisi berkas-berkas yang diperlukan. Dan nanti mereka pada saat datang di kantor polisi hanya menunjukkan barcode saja dan menandatangi keperluan dari berkas-berkas saja,” terang Kapolres.
Sementara itu Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, yang turut hadir dalam acara ini mengaku sangat bangga melihat kepolisian di Kota Kediri memiliki program yang sangat luar biasa sekali.
“Saya sangat takjub dan bangga melihat gebrakan-gebrakan yang dilakukan oleh Kepolisian terhadap memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Saya rasa dengan ini masyarakat akan senang dan tentunta akan terbantu dengan adanya program yang berbasis aplikasi ini,” kata Mas Abu sapaan akrab Walikota Kediri ini.
Masih kata Mas Abu, waktu yang selama ini habus dipergunakan hanya untuk mengantre, saya kira dengan adanya aplikasi ini akan terpangkas dengan pengisian lewat handphone saja. Dan ini pastinya akan berdampak pada semakin cepatnya pelayan Kepolisian terhadap masyarakat,” terangnya.
Diketahui launching ketiga program ini dilakukan usai Upacara dan Tasyakuran Hari Bhayangkara ke. 72 th.
Hadir dalam acara ini, Forkopimda Kota Kediri, Ketua Bhayangkara Kota Kediri Fitriyani Anthon Haryadi beserta pengurus Bhayangkara, Ketua OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kediri, tokoh agama dan tokoh masyarakat.(glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *