berita POLITIK

Hasil Rekapitulasi Pilwali Kota Kediri Sah

Kediri,  demonstran.com -Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Kediri memastikan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri sudah disetujui oleh semua pihak. Alasannya hingga hari ketiga sejak penetapan, para calon yang kalah tidak melakukan gugatan perselisihan hasil suara ke Mahkamah Konstitusi. Dalam perhitungan sesuai dengan PKPU (Peraturan KPU), masa perbolehan gugatan mulai Kamis siang (sejak penetapan hasil) hingga Senin siang (tiga hari kerja). Praktis suara sah yang ditetapkan oleh KPU terhadap pasangan pemenang sudah final.
Moh. Wahyudi Komisioner KPU Kota Kediri mengatakan dalam PKPU acuannya adalah sejak ditetapkan, sehingga bila penetapan dilakukan sekitar pukul 11, maka pada siang itu juga sudah bisa dimulai gugatan. Sesuai aturan untuk melakukan proses gugatan perselisihan hasil pilkada, maka persyaratannya adalah apabila Kabupaten atau Kota dengan jumlah penduduk lebih dari 250 ribu sampai 500 jiwa, maka pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan bila teradapat perbedaan paling banyak 1,5 persen dari total suara sah.
“Sampai sekarang belum ada yang mengajukan, padahal ini adalah hari terkahir” Ujarnya.
Seperti diberitakan sebelumnya. KPU Kota Kediri telah menyelesaikan hasil rekapitulasi perolehan suara peserta Pilwali Kota Kediri, Kamis lalu. Pemenang Pilwali Kota Kediri adalah pasangan nomor urut 2 Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah. Pasangan petahana ini mampu meraih 85.628 suara dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri.
Sedangkan pasangan nomor urut 3, Samsul Ashar – Teguh Juniadi hanya mampu meraih 32.749 suara, dan nomor pasangan calon urut 1, Aizzudin Abdurrahman – Sudjono Teguh Wijaya mendapatkan 29.839 suara.
Diketahui dalam proses rekapitulasi suara juga berlangsung lancar, aman dan kondusif, tanpa adanya gesekan satu sama lain ataupun protes. Ketiga saksi dari pasangan calon yang hadir telah membubuhkan tanda tangannya di tabel hasil rekapitulasi suara.(glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *