berita KRIMINAL

Warga Pesing Kec. Purwoasri Kabupaten Kediri Tolak Pelantikan Kades Pesing

Kediri, demonstran.com – Pada hari ini puluhan warga Desa Pesing Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri geruduk kantor Kecamatan Purwoasri untuk melakukan aksi unjuk rasa, Kamis (5/7/2018).

Aksi unjuk rasa ini dipicu atas penolakan warga terhadap pelantikan Kepala Desa Pesing Andrea Rangga Primansya, yang sebelumnya merupakan Kasi Pemerintahan di Kecamatan Purwoasri.
Warga menolak bila desanya dipimpin oleh pihak luar dan bukan mengedepankan dari potensi atau otonomi dari pihak desa setempat.
Khoirul Anam, koordinator aksi unjuk rasa mengaku ada permainan pengangkatan perangkat desa disini (Desa Pesing). Karena disini Camat tidak memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Desa Pesing sendiri dan bukan mengangkat dari orang luar.
“Bila kita mengacu pada ketentuan hukum dan aturan disini menyebutkan bahwa dalam penunjukan PJ (Pejabat) Kepala Desa Pesing hanya menyebut dari kalangan PNS (Pegawai Negeri Sipil). Di Desa Pesing ada Sumber Daya Manusia PNS nya. Kenapa Camat justru menunjuk dari pihak luar. Sekarang ini eranya otonomi desa, kami minta semua pihak menghormati hal itu, karna dari warga setempatpun juga tidak menghendaki kepala desa baru ini” ungkap Khoirul Anam.
Lebih jelasnya Khoirul Anam menerangkan, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) di Desa Pesing masih ada Sekretaris Desa. Semestinya, Camat Purwoasri menunjuknya sebagai PJ Kades Pesing untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. Sebab, masyarakat sendiri menolak penunjukkan Andrea Rangga sebagai pemimpin di desanya dan menghendaki potensi dari pihak desa setempat. Karena dinilai hal itu lebih efisien dan kepala tersebut lebih mengerti permasalahan-permasalahan yang terjadi diwilayah setempat serta mengerti dengan langkah konkret yang harus ia lakukan untuk kemajuan di wilayah Desa Pesing.(glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *