berita EKONOMI

H-1 Lebaran, Harga Daging Ayam dan Daging Sapi Meroket

Kediri,demonstran.com –  H-1 jelang hari raya Idul Fitri 1439 H, harga daging ayam dan daging sapi melonjak tinggi.
Berdasarkan pantauan dari tim Tabloid Demonstran di Pasar Bandar Kota Kediri, harga daging ayam mencapai Rp. 40 ribu per kg. Harga tersebut telah mengalami kenaikan beberapa kali dalam sepekan terakhir, mulai dari harga Rp. 35 ribu per kg, hingga saat ini, Kamis (14/6/2018) telah mencapai Rp. 40 ribu per kg.
“Kenaikan harga ayam tersebut dimulai semenjak H-10 jelang lebaran,” kata seorang pedagang ayam potong di Pasar Bandar, Ibu Sinta.
Masih kata Sinta, Kenaikan harga ayam sudah terjadi sejak ditingkat pemasok. Selain itu, kenaikan harga ayam tersebut juga dipicu atas tingginya permintaan konsumen untuk kebutuhan lebaran, ungkapnya.
Selain dagiang ayam, lonjakan harga yang tinggi juga dialami oleh komoditi daging sapi. Saat ini harga sapi mencapai Rp. 120 ribu – Rp. 140 ribu per kg. Padahal, 10 hari yang lalu harga daging sapi masih stabil diangka Rp. 90 ribu – Rp. 100 ribu per kg.
Perihal ini diungkapkan oleh Ibu Tutik, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Bandar Kota Kediri.
Tutik mengaku, harga daging sapi saat ini telah mencapai Rp. 120 ribu untuk kualitas daging tingkat dua. Sedangkan untuk kualitas bagus dijual dengan harga Rp. 140 ribu per kg-nya.
“Sudah biasa seperti ini, harga daging sapi selalu mengalami pelonjakan di saat mendekati hari lebaran. Dan pelonjakan tersebut akan terjadi hingga hari kupatan nanti, atau pada hari ke 8 setelah hari lebaran,” terangnya.
Sementara itu, untuk harga daging kambing juga mengalami kenaikan harga. Dari harga sebelumnya Rp.100 ribu per kg, kini naik menjadi Rp. 110 ribu per kg. (glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.