KULINER

Razia Menu Takjil, Dinkes Kota Kediri Temukan Bahan Makanan Mengandung Boraks dan Formalin

Kediri,demonstran.com – Razia gabungan yang dilakukan oleh Dinas Perindutrian Perdagangan dan Energi (Disperindag) bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Kediri, temukan menu takjil buka puasa mengandung boraks dan formalin, Senin (4/6/2018).
Razia ini dilakulan di sepanjang Jalan Hayam Wuruk Kota Kediri. Sedangkan terkait dengan obyek sasarannya adalah para pedagang takjil yang berderet disekitar lokasi tersebut.
“Hari ini, kami gelar sidak di sejumlah penjual menu buka puasa yang berada di sepanjang Jalan Hayam Wuruk Kota Kediri. Sidak ini dilakukan untuk memastikan bahwa jajanan takjil yang dikonsumsi masyarakat aman. Akan tetapi, setelah kita periksa dari sejumlah menu takjil yang diperjual belikan dilokasi ini, ternyata ada yang kita yakini atau berdasarkan uji cepat, ada jenis makanan yang mengandung boraks dan juga formalin,” kata Dwi Sunaryati Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan Kota Kediri.
Masih kata Dwi, untuk makanan yang kita ketahui mengandung boraks dan formalin ini adalah Cincau dan Es Sirup. Dimana kedua menu ini sama-sama mengandung boraks. Sedangkan untuk menu lain yang kita duga mengandung formalin adalah Mie Goreng.
Sementara untuk temuan-temuan ini, kami masih akan melakukan uji laboratorium kembali untuk memastikan bahwa menu makanan-makanan tersebut benar-benar mengandung zat berbahaya yakni boraks dan formalin.
Terpisah, Yetty Sisworini, Kepala Disperindag Kota Kediri mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap minggu selama bulan puasa untuk mengantisipasi terhadap makanan dan minuman yang mengandung zat berbahaya.
Sementara itu mengenai pedagang yang telah menjual jenis makan dan minuman yang telah kita ketahui mengandung boraks dan formalin secara uji cepat, kami lakukan peringatan terhadap mereka dan menarik dari menu-menu makanan yang kita ketahui mengandung zat berbahaya,” pungkasnya.(glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *