berita Kesehatan

Musim Panen, Harga Turun

Kediri, demonstran.com – Seorang ibu rumah tangga sedang mengeluarkan isi rosella di depan rumahnya yang ada di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, Minggu (27/5). Saat ini tanaman sejuta manfaat itu memasuki musim panen raya.

Hal itu membuat harga jual rosella turun harga. Sebelumnya, harga rosella kering bisa mencapai Rp 100 ribu per kilogram, namun kini turun menjadi RP 65 ribu per kilogramnya. “Kalau yang berwarna unggu cuman Rp 65 ribu kalau yang warna Merah Rp 70 ribu per kilogramnya,” kata Padil, salah satu petani rosella di desa tersebut.

Bunga rosella memiliki beragam warna, ada merah, kuning, putih hingga warna persik. Umumnya, bunga rosella yang berwarna merah kerap dibudidayakan untuk tujuan medis, dan tersedia dalam produk suplemen makanan. Karena rasanya yang asam, teh rosella kerap disebut sour tea. Teh rosella terbuat dari campuran pucuk bunga rosella kering, daun, dan kelopak bunga. Bunga yang diambil untuk diproduksi menjadi teh rosella ini adalah bunga-bunga yang sudah jatuh bermekaran. (hya/ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *