berita EKONOMI

Bulan Ramadhan, Omzet Tenun Ikat Di Kediri Naik Hingga 300 Juta Rupiah

Kediri,demonstran.com – Memasuki bulan ramadhan ini, menjadikan berkah tersendiri bagi para pengrajin tenun ikat, salah satunya di sentra kerajinan tenun ikat di daerah Bandar Kidul Kota Kediri, Jawa Timur.
Tak main-main, omzet yang didapat mereka di bulan ramadhan ini bisa mencapai ratusan juta rupiah dalam hitungan per bulan.
“Meski ini baru memasuki minggu pertama di bulan ramadhan. Kami telah kebanjiran job atau pesenan. Sehingga, kamiĀ  terpaksa harus menutup sementara waktu dulu, terhadap pesanan yang terus berdatangan di bulan ramadhan ini,” kata Siti Ruqoyah pemilik kerajinan tenun ikat merk medali emas di Bardar Kidul ini, Rabu (23/5/2018).
Siti Ruqoyah mengaku bahwa di bulan ramadhan ini jumlah permintaan melonjak naik hingga 40% dibandingkan hari biasa.
“Kalau di bulan biasa jumlah permintaan berada pada kisaran 1.500 potong kain. Saat ini, jumlah itu sudah naik tajam hingga mencapai 1.800 potong kain. Hal itu tentunya berimbas pada penambahan omzet kami dari Rp 240 juta per bulan, kini menjadi Rp 300 juta per bulan,” ungkap wanita berumur 49 tahun ini.
Lebih lanjut, sosok perempuan yang telah mendirikan kerajinan tenun ikat semenjak tahun 1989 ini mengaku, dalam memenuhi seluruh pesanan tersebut ia harus memperkerjakan karyawannya sebanyak 90 orang dan alat pintal bukan mesin (APBM) atau alat menenun sebanyak 60 alat.
Sementara itu untuk harga jual kain tenun ikat, kata Ruqoyah, dipatok berdasarkan bahan dasarnya. Misalnya dari jenis katun dibanderol harga Rp 150.000 (ukuran 1×2,5 meter), semi sutra Rp 320.000, serta jenis kain sutra full dijual dengan harga Rp 420.000,” terangnya.
Diketahui kawasan Bandar Kidul merupakan kawasan sentra kerajinan tenun ikat yang ternama di Kota Kediri. Sedangkan untuk tenun ikat khas Kediri ini telah dipasarkan ke seluruh penjuru nusantara di sekitar Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Kalimantan hingga Sumatera. (glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *