berita EKONOMI

Bank BI Sediakan Rp. 5 Miliar Uang Pecahan Baru Jelang Lebaran

Kediri, demonstran,.com – Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil dan baru menjelang hari lebaran. Bank Indonesia (BI) cabang eks karisidenan Kediri – Madiun sediakan Rp. 5 Miliar uang pecahan kecil dan baru untuk penukaran di tahun ini.
“Penukaran uang pecahan baru ini kita lakukan dengan cara mengoptimalkan kas keliling dilokasi tempat-tempat strategis seperti di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, dengan menggandeng 7 bank Perbankan termasuk bank BI sendiri dalam mensuport program kas keliling ini,” kata Beny Wicaksono, Asisten Direktur Sistem Pembayaran, Pengeloaan Uang Rupiah dan Keuangan Inklusif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri.
Masih kata Beny, untuk penukaran sendiri kita batasi dengan Rp. 3,7 juta per orang, dengan perincian pecahan Rp. 20.000 sebanyak satu bendel senilai Rp. 2 juta, pecahan Rp. 10.000 satu bendel senilai Rp1 juta, pecahan Rp. 5.000 satu bendel senilai Rp. 500.000, dan pecahan Rp. 2.000 satu bendel senilai Rp. 200.000.
Sementara itu beberapa bank umum juga membuka layanan penukaran¬† uang di setiap kantornya dengan pengaturan jadwal hanya pada hari Selasa dan Kamis pukul 09.00-10.00 WIB bagi masyarakat, tak terkecuali non nasabah, dan khusus penukaran di kantor ini akan kita mulai pada tanggal 28 Mei 2018,” terang Beny saat ditemui tim Tabloid Demonstran di lokasi Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, Sabtu (19/5/2018) sore.
Lebih lanjut Beny mengatakan, untuk program kas keliling ditahun ini, kita hanya bisa laksanakan sebanyak 2x saja yaitu hari Sabtu ini dan Sabtu besok (26/5/2018). Perihal penjadwalan ini berbeda dengan tahun kemarin yang biasanya kita lakukan sebanyak 4 kali kas keliling.
“Perbedaan ini terjadi karena permasalahan hari libur pemerintah yang dimajukan, sehingga jadwal program kas keliling juga berpengaruh,” beber Beny Wicaksono mengakhiri wawancara dengan tim Tabloid Demonstran.
Diketahui dalam program kas keliling atau jasa penukaran ini melibatkan 7 Bank sekaligus di wilayah Kediri yaitu Bank BI, BCA, BNI, Mandiri, BRI, BRI Syariah dan Bank Jatim.( glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *