berita DAERAH

Jelang Paskah, Pasukan Dalmas Sabhara Polresta Kediri Lakukan Penyisiran Untuk Pengamanan Gereja

Kediri,  demonstran.com – Pada hari ini, Kamis (29/3/2018), tepatnya pukul 16.00 WIB. Satuan Pengendalian Massa (Dalmas) Sabhara Polres Kediri Kota lakukan penyisiran di area peribadahan umat Kristen di Gereja Pohsarang yang terletak di Kecamatan Semen Kota Kediri.
Penyisiran ini dilakukan dalam rangka pengamanan menjelang hari paskah yang jatuh pada tanggal 1 April 2018.
Riko Saksono Kepala Satuan Sabhara Polres Kediri Kota saat ditemui seusai penyisiran mengatakan, Sore hari ini, kami dari pasukan Dalmas Shabara Polres Kediri Kota sedang melakukan giat pengamanan dalam rangka jelang hari Paskah umat Kristen.
Dalam giat pengamanan ini kami melakukan sejumlah penyisiran di setiap sudut – sudut gereka yang rawan akan tindakan kejahatan.
“Intinya yang di sisir dan diamankan itu semua gereja. namun kita lebih terfokus pada gereja – gereja yang memang mempunyai jamaah terbanyak,” ujarnya.
lebih lanjut Riko mengatakan ada tiga titik fokus yang diutamakan kali ini diantaranya yakni Gereja Pohsarang, Gereja Santo Agustinus dan Gereja Santo Yosept.
“Pastinya sudut – sudut kerawanan yang kami maksudkan itu seperti halnya tempat Khotbah, Barang bawaan pengunjung, pot – pot bunga atau hiasan,” ujarnya.
Lebih lanjut Riko juga menambahkan bahwa, nantinya akan ada dua kali penyisiran. Yang pertama dilakukan Sat Sabhara Polresta Kediri dan yang ke dua akan dilakukan oleh Sat Brimob Polresta Kediri.
“Semua ini dilakukan untuk menghindari dan mengamankan dari aksi gangguan aksi teror maupun tindak kejahatan paska hari H berlangsung,” tambahnya.
Sementara itu Koordinator Keamanan Gereja Pohsarang Suharyono juga menjelaskan, setidaknya ada sekitar kurang lebihnya 750 Jamaah yang akan hadir di acara Paskah kali ini.
“750 itu dari masyarakat daerah sekitar gereja. belum nanti dari jamaah luar disini,” tuturnya.
Lebih lanjut Suharyono mengucapkan terima kasih kepada Sat Sabhara Polresta Kediri karena telah menyisir Gereja Pohsarang. “Semoga nanti di Hari Paskah semua bisa terkendali dan aman tidak ada permasalahan apa – apa,” pungkasnya.
Untuk diketahui, dalam proses evakuasi penyisiran sore hari ini dan paska hari H berlangsung, Polresta Kediri menyiagakan satu peleton pasukan inti Dalmas dan tiga kompi kerangka untuk melakukan penjagaan secara ketat dalam mengawal Hari Paskah Umat Kristen nantinya.(glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.