berita DAERAH

Cerita Panji Dalam Lawatan Sejarah dan Budaya

Kediri,  demonstran.com Acara ini, melibatkan siswa siswi pilihan SMA,SMK,MAN se-kabupaten Kediri di Aula pamuksan sri aji joyoboyo ds. Menang Kec. Pagu. Dalam sambutannya, Drs.H.Eko Ediyono M.Pd.M Si ,sekretaris Pertimbangan Percepatan Pembangunan TP3 Kabupaten Kediri mengajak para peserta lawatan  untuk mengangkat keragaman legenda asal usul suatu daerah sebagai wujud kekayaan (kearifan lokal) Budaya Kediri. Seperti mengenai sosok panji,ragam tafsir dan definisi. Panji yang mewarisi budaya kesenian jaranan,wayang gedog,topeng panji kediri ,dll yang merupakan dan saat ini bergema dimasyarakat dan menjadi inspirasi akan makna dan nilai nilai untuk dilestarikan.
Menurut Adi suwignyo, plt Kadis  Pariwisata dan Kebudayaan menjelaskan bahwa” hal ini bisa memberikan pembelajaran kepada adik adik lawatan sehingga lebih dekat mengenal sejarah Kediri,karena Kediri merupakan daerah tertua di Indonesiadan wajib untuk dihargai setiap situs,legenda dan dilestarikan ditularkan di masyarakat umum dan khususnya generasi muda. “
Menurut Ardi Kurniawan,siswa kelas X SMAN 1 Kandat mengaku” sangat senang sekali bis terpilih untuk mewakili mengikuti lawatan sejarah,karena hal ini memberikan wawasan yang bagus dan kita bisa menilai nilai budaya yang perlu disalurkan ke generasi penerus kita,ungkapnya.”
Kegiatan lawatan ini menjelaskan tentang situs dan legenda. Dari peserta lawatan akan menampilkan hasil karya tulis yang terbaik dan menceritakan ke publik yang nantinya diambil juaranya.(dk/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *