berita EKONOMI

PKL SLG Protes, Bila Dipindah Di Pasar Tugu

Kediri, demonstran.com – Sebanyak 250 KK pedagang yang ada di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri Bergolak, Minggu (11/3).
Pasalnya, mereka yang selama ini berjualan di area Car Free Day Simpang Lima Gumul itu untuk satu minggu kedepan sudah tidak diperbolehkan lagi berjualan di area Car Free Day dan di pindahkan di area pasar tugu (pasar Sabtu – Minggu).
Hal ini sontak membuat para pedagang menjadi marah dan bergolak.
Fah Hafizh perwakilan koordinator pedagang mengatakan, kami tidak setuju apabila kami disuruh pindah di area pasar tugu. Sebab, diwilayah itu untuk saat ini kondisinya juga sudah penuh oleh para paguyuban pedagang yang ada disana. Sedangkan kalau kita lihat, dari teman – teman yang berjualan di kawasan car free day ini berjumlah sekitar kurang lebih 250 KK (Kartu Keluarga), kalau dipaksakan masuk disana kita mau ditempatkan dimana. Karena dari Pemerintah sendiri tidak memberikan gambaran secara jelas untuk letak posisi kami berjualan disana nanti. Mereka hanya menyuruh saja untuk pindah dilokasi sana,” katanya.
Masih kata Hafizh, kami sendiripun juga bingung, selama ini kami diombang – ambingkan oleh pemerintah atas kebijakan yang tidak jelas. Padahal untuk tempat berjualan kami saat ini (dekat Taman Hijau SLG), juga berdasarkan atas anjuran Dinas Perekonomian selaku leading sektornya. Namun kenapa tiba – tiba kami justru diusir dan disuruh pindah dari tempat tersebut dengan alasan lokasi car free day harus seteril dari para pedagang.
“Kami hanya berjualan di moment car free day saja, dan itu hanya 2 – 3 jam. Jadi tolong pemerintah juga pikirkan nasib kami untuk mencari secercah uang untuk makan,” ungkapnya.
Lebih lanjut Hafizh mengatakan, bila dari kami diperkenakan untuk membayar uang kebersihan, kamipun siap untuk membayarnya. Asalkan kami jangan dipindah dari lokasi itu. Sebab, bila kami dipindah, kami juga akan kebingungan dan tentunya akan mengurangi jumlah pendapatan kami.
“Yang jelas, bila kami tetap akan dipindah, kami akan gelar aksi bersama dari para pedagang yang tidak diuntungkan oleh kebijakan pemerintah tersebut,” tambahnya.
Diketahui mulai pagi tadi, para pedagang di areal car free day ini mendapatkan teguran dari Satpol PP untuk tidak berjualan di lokasi yang dimaksud. Teguran tersebut atas dasar perintah dari Dinas Perekonomian yang menaungi para pedagang salah satunya di sentra wisata Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri.(glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *