berita WISATA

1214 Topeng Penthul Tembem untuk Hari Jadi Kabupaten

Kediri, demonstran.com – Mahmud Septian (25) pengrajin topeng asal Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri mendadak kebanjiran order menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Kediri. Tak tanggung – tanggung, dia mendapat pesanan topeng Penthul Tembem sebanyak 1214 buah.

Rencananya topeng bermuka lucu itu akan digunakan sebagai pelengkap kostum penari kolosal saat upacara hari jadi berlangsung.

“Dapat ordernya dari Dinas Pariwisata mulai tanggal 2 Maret kemarin. Tanggal 20 Maret harus sudah rampung pengerjaannya,” ujarnya, Senin (5/3).

Untuk mengerjakan pesanan itu, Mahmud, sapaan akrabnya, terpaksa harus lembur setiap hari. Selain itu dia juga dibantu oleh 50 karyawan dadakan yang berasal dari sekitar rumahnya.

“Anak – anak hingga ibu – ibu banyak yang ikut mengerjakan pesanan saya. Ada 3 bagian di sini agar pengerjaannya lekas selesai, mulai dari putihan, cat, dan finishing,” tuturnya.

Dengan tenaga yang ada, dia dapat merampungkan 40 hingga 50 topeng setiap harinya. Namun cuacanya saat ini sering turun hujan, dia khawatir akan mengganggu proses produksinya. “Kalau hujan proses pengeringan cat nya akan lebih lama,” katanya.(hya/ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *