berita DAERAH

Pesona 700 Ikan Koi Kabupaten Kediri

kediri, demonstran.com –  Festival Koi Show menjadi pembuka dari agenda menyambut hari jadi Kabupaten Kediri ke 1214 tahun 2018. Festival Koi Show ini diikuti sebanyak 204 peserta dengan jumlah ikan koi yang dilombakan sebanyak 700 ekor, sedangkan untuk penyelenggaraan Festival Koi Show ini dipusatkan di Hall Convention Kabupaten Kediri, sabtu (3/3).

Sahrul Munir Ketua Kediri Koi Club  sekaligus panitia pelaksana festival koi show mengatakan, pada hari ini kami bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menyelenggarakan Festival Koi Show yang dimana festival ini sekaligus menyambut hari jadi Kabupaten Kediri ke 1214 tahun.
“Festival Koi Show ini diikuti sebanyak 204 peserta dari berbagai penjuru nusantara di Indonesia. Seperti, Kalimantan, Sumatra, Jogjakarta, Bandung, Jakarta, Surabaya, Kediri dan masih banyak lagi,” katanya.
Masih kata Sahrul, dalam festival ikan koi ini ada berbagai jenis dari ikan koi yang dilombakan yakni ikan koi kohaku, tancho, asagi, shusui, bekko doitsu, koromo, goshiki, hikari mujimono, ki utsurimono dan kinginrin,” jelasnya.
Lebih lanjut Sahrul berharap, dengan adanya festival koi ini mampu mengangkat pamor dari ikan koi sendiri, serta mengangkat harga jual ikan koi, dan tentunya menjadi penyemangat dari para pembudidaya ikan koi dalam menggeluti pekerjaan di dunia perikanan ini,” harapnya.
Sementara itu menurut Plt (pelaksana tugas) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafid mengatakan, dalam festival lomba ikan koi ini ada beberapa kriteria yang dinilai, yakni mulai dari, ukuran, warna, corak, dan kesehatan ikan.
Sedangkan untuk menentukan ini, pihaknya bekerja sama dengan juri berstandar internasional. Ada 8 orang juri yang dipersiapkan, 8 juri ini nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok untuk menilai ikan dari kriteria yang ditentukan,” ungkapnya.
Lebih lanjut Nur Hafid mengatakan, acara ini untuk meningkatkan kualitas ikan, juga sebagai promosi bagi masyarakat untuk lebih menggemari ikan koi. Mengingat prospek ikan koi sangat bagus. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian para penghoby ikan koi,” terangnya.(glh/yy)

One thought on “Pesona 700 Ikan Koi Kabupaten Kediri”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *