berita DAERAH

Tanggul Jebol Ratusan Rumah Warga Kecamatan Banyakan Terendam Banjir

Kediri, demonstran.com РHujan semalaman yang mengguyur empat dusun di Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri beberapa hari ini mengakibatkan tanggul Bendo Krosok yang berada di Dusun Maron jebol, Kamis dini hari (22/2/18).
Akibatnya ratusan rumah bahkan sekolah – sekolah yang ada di empat Dusun tersebut yakni Dusun Ngablak, Bagol, Tanjung dan Jajar, Desa Ngablak, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri tergenang air hingga kedalaman 30 – 50 cm.
Hal ini dibenarkan oleh Rendy Aghata Plt (Pelaksanan tugas) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Kediri.
“Kejadian banjir ini bermula ketika pada Kamis, 22 Februari 2018 dini hari tepatnya pukul 02.15 WIB. Hujan mengguyur wilayah Kecamatan Banyakan.
“Intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan debit aliran arus Sungai Bendo Krosok yang berada di Desa Maron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri cukup tinggi ditambah banyaknya sampah yang menyumbat aliran sungai tersebut yang membuat jebolnya tanggul dan berdampak meluapnya air hingga masuk di areal perkampungan warga,” katanya.
“Adapun rincian desa dan dusun yang terkena bencana alam yakni Desa Ngablak, sejumlah sekolah, balai desa perumahan Asabri Gemintang Garden dan juga persawahan yang terendam air dengan rata – rata ketinggian 30 – 50 meter.
“Di Dusun Ngablak¬† yang terdampak banjir kurang lebihnya 240 rumah atau 365 KK. Di Dusun Bagol 550 rumah atau 646 KK. Dusun Tanjung 415 rumah atau 512 KK. Dusun Jajar 55 rumah atau 150 KK dan lahan pertanian yang teredam seluas 46 Hektare,” terangnya.
Lebih lanjut Rendy menambahkan, sejauh ini Tim BPBD bersama warga sekitar bertindak cepat untuk melakukan penutupan tanggul yang jebol dengan menggunakan karung pasir,” pungkasnya.(glh/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *